Tarbiyatul Athfal (TA)


Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah merupakan lembaga pendidikan pra sekolah dibawah naungan Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar, yang berdiri pada tahun 1960. Pada usianya yang ke-54 tahun itu, Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah tetap eksis dan berusaha melahirkan kader-kader umat yang qur’ani.

VISI:

Menjadi lembaga pendidikan islam pradasar yang unggul berjiwa pesantren dan pencetak putra-putri Qurratul A’yun.

MISI:

  1. Membentuk generasi muslim yang berjiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah islamiyah dan kebebasan.
  2. Membentuk generasi yang bertaqwa, beramal sholeh, berbudi luhur, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berpikiran bebas, berjiwa swasta, dan cinta tanah air.
  3. Mengembangkan fitrah, bakat dan kemampuan dasar menuju terbentuknya insan kamil.
  4. Melatih keterampilan, membiasakan berakhlak mulia dan mengamalkan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kurikulum

Dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah menggunakan kurikulum yang telah dipadukan, yaitu kurikulum pesantren dan kurikulum Kementerian Agama. Tujuannya adalah menyeimbangkan ilmu agama, ilmu umum, keterampilan, serta kreatifitas anak, sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan.

 

Ekstrakurikuler

Dalam meningkatkan kreatifitas anak didiknya, Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah memfasilitasi anak dengan ekstrakurikuler yang dikembangkan melalui kegiatan drumband, renang, tari. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, diharapkan anak dapat mengembangkan bakatnya dengan lebih spesifik. Kegiatan ekstrakurikuler drumband biasa dilakukan di luar tatap muka dengan durasi waktu yang telah ditentukan pihak sekolah. Kegiatan ini dibimbing oleh guru Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah yang kompeten dibidangnya serta mendatangkan tenaga professional dari luar. Setiap tahunnya, tim drumband Tarbiyatul Athfal AL-Manaar ikut memeriahkan acara apel tahunan dan acara lain di luar sekolah.

 

Kegiatan

Dalam proses belajar mengajar, Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah mempunyai kegiatan kegiatan lain yang bersifat periodik, diantarannya:

1. Kegiatan harian

Kegiatan harian meliputi pengembangan diri: moral, nilai-nilai agama, sosial emosional dan kemandirian yaitu senam pagi, doa bersama, hafalan surat pendek, hafalan doa-doa harian, hafalan hadist, membaca iqro, dan bermain dengan berbagai media.

2. Kegiatan mingguan

Kegiatan mingguan meliputi praktek wudlu dan praktek sholat wajib lima waktu.

3. Kegiatan bulanan

Kegiatan bulanan untuk anak-anak didik adalah makan bersama dan renang. Sementara, disetiap bulannya guru mengadakan sidang lembaga, pertemuan rutin IGRA sesimpoko, serta pertemuan rutin arisan pengurus dan guru di Tarbiytul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah.

4. Kegiatan tahunan

Kegiatan tahunan yang ada adalah supervisi kelas untuk guru bertujuan untuk meningkatkan kualitas mengajar para guru, pentas seni Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah bertujuan untuk melatih mental dan kepribadian anak dan  mengenalkan pada masyarakat kreatifitas anak didik kita, peringatan maulid nabi di setiap tahunnya untuk memperingati sejarah kelahiran nabi, dan acara untuk lulusan Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah.