Madrasah Ibtidaiyah (MI)


MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyyah merupakan lembaga pertama yang menjadi cikal bakal berdirinya PPWS pada tahun 1961. Berdiri pada tahun 1946 dengan nama Bustanul Ulum al-Islamiyyah, dan kemudian dirubah mejadi MI Mamba’ul Huda al-Islamiyyah pada tahun 1950.

Visi: "Menjadi lembaga pendidikan dasar Islam yang unggul dan berjiwa pesantren"

Misi:

1. Membentuk generasi muslim yang berjiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyyah, dan kebebasan.

2.Membentuk geneasi yang bertakwa, beramal saleh, berbudi luhur, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berpikiran bebas, berwiraswasta, dan cinta tanah air.

3. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif agar anak didik dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.

4. Mengembangkan kemampuan dasar anak didik dalam ilmu pengetahuan, bahasa Arab, bahasa Inggris, keterampilan, dan seni.

5. Menciptakan lingkungan madrasah yang aman, sehat, bersih, dan indah.

 

Kurikulum

Madrasah yang telah berusia 68 tahun ini mengintegrasikan dua kurikulum, ialah kurikulum Kemeterian Agama dan kurikulum Pesantren. Dengan demikian, diharapkan nilai-nilai kepesantrenan dapat tertanam sejak dini pada diri siswa dan siswinya. 

 

Pesantren Kecil

Selain desain kurikulum yang matang dan ekstrakulikuler yang beraneka ragam, tersedia pula program asrama bagi siswa dan siswi yang berasal dari luar daerah bahkan luar Jawa dengan bimbingan intensif oleh para asatidz dan ustadzah.
Pesantren Kecil Putra terletak di kampus PPWS putra, dan Pesantren Kecil Putri terletak di dalam kampus PPWS Putri. Dengan demikian, bimbingan para asatidz/ustadzah akan jauh lebih baik dan terkondisikan.