TA Al-Manaar

Pimpinan

Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah merupakan lembaga pendidikan pra sekolah dibawah naungan Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar.

Umi Barokah, S.Pd.I

Director

Asyiah Wafa, S.Pd.I

Vice Director for Curriculum

Nisawatun Hasanah, S.Sos.I

Vice Director for Student Affairs

Profil Singkat

Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah merupakan lembaga pendidikan pra sekolah dibawah naungan Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar.

Kurikulum

Dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah menggunakan kurikulum yang telah dipadukan, yaitu kurikulum pesantren dan kurikulum Kementerian Agama. Tujuannya adalah menyeimbangkan ilmu agama, ilmu umum, keterampilan, serta kreatifitas anak, sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan.

Ekstrakurikuler

Dalam meningkatkan kreatifitas anak didiknya, Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah memfasilitasi anak dengan ekstrakurikuler yang dikembangkan melalui kegiatan drumband, renang, tari. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, diharapkan anak dapat mengembangkan bakatnya dengan lebih spesifik. Kegiatan ekstrakurikuler drumband biasa dilakukan di luar tatap muka dengan durasi waktu yang telah ditentukan pihak sekolah. Kegiatan ini dibimbing oleh guru Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah yang kompeten dibidangnya serta mendatangkan tenaga professional dari luar. Setiap tahunnya, tim drumband Tarbiyatul Athfal AL-Manaar ikut memeriahkan acara apel tahunan dan acara lain di luar sekolah.

 

Kegiatan

Dalam proses belajar mengajar, Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah mempunyai kegiatan kegiatan lain yang bersifat periodik, diantarannya:

1. Kegiatan harian yang meliputi pengembangan diri: moral, nilai-nilai agama, sosial emosional dan kemandirian yaitu senam pagi, doa bersama, hafalan surat pendek, hafalan doa-doa harian, hafalan hadist, membaca iqro, dan bermain dengan berbagai media.

2. Kegiatan mingguan mingguan meliputi praktek wudlu dan praktek sholat wajib lima waktu.

3. Kegiatan bulanan untuk anak-anak didik adalah makan bersama dan renang. Sementara, di setiap bulannya guru mengadakan sidang lembaga, pertemuan rutin IGRA sesimpoko, serta pertemuan rutin arisan pengurus dan guru di Tarbiytul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah.

4. Kegiatan tahunan yang ada adalah supervisi kelas untuk guru bertujuan untuk meningkatkan kualitas mengajar para guru, pentas seni Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah bertujuan untuk melatih mental dan kepribadian anak dan  mengenalkan pada masyarakat kreatifitas anak didik kita, peringatan maulid nabi di setiap tahunnya untuk memperingati sejarah kelahiran nabi, dan acara untuk lulusan Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah.

Visi

Menjadi lembaga pendidikan islam pradasar yang unggul berjiwa pesantren dan pencetak putra-putri Qurratul A’yun.

Misi 1

Membentuk generasi muslim yang berjiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah islamiyah dan kebebasan.

Misi 2

Membentuk generasi yang bertaqwa, beramal sholeh, berbudi luhur, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berpikiran bebas, berjiwa swasta, dan cinta tanah air.

Misi 3

Mengembangkan fitrah, bakat dan kemampuan dasar menuju terbentuknya insan kamil.

Misi 4

Melatih keterampilan, membiasakan berakhlak mulia dan mengamalkan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari.

Panca Jiwa Pondok

  1. Keikhlasan
  2. Kesederhanaan
  3. Berdikari
  4. Ukhuwah Islamiyah
  5. Kebebasan

Arah & Tujuan Pendidikan

  1. Bertakwa kepada Allah
  2. Beramal shalih
  3. Berbudi luhur
  4. Berbadan sehat
  5. Berpengetahuan luas
  6. Berfikiran bebas
  7. Berjiwa wiraswasta
  8. Cinta tanah air
Sekilas TA Al-Manaar
0
Siswa
0
Tenaga Pengajar
4000 +
Alumni
0 +
Tahun Berdiri
Mission Statement

In ultrices lectus mauris, volutpat id nisi augue neque tellus ipsum varius quis phasellus dictumst faucibus condimentum ornare purus lorem lorem duis mauris, elementum egestas gravida amet enim condimentum enim sit risus nulla accumsan, ullamcorper eget curabitur interdum non.

Pellentesque in eu, iaculis massa imperdiet tortor, pharetra, velit feugiat mauris, tempus, aliquam sed vel hac blandit montes, porta posuere faucibus massa quam ultrices orci id varius integer cursus leo risus, fermentum arcu posuere volutpat urna, eu nisl mattis tristique nisi, odio interdum malesuada amet aliquam ultricies erat.