Warta Ngabar Edisi XII Juli 2017

 2017-09-07 22:18


Bahasa Arab merupakan bahasa yang sudah sangat tua. Para tokoh berbeda pendapat tentang asal-mula bahasa Arab. Ada yang menyatakan bahwa ia merupakan rumpun bahasa Semit , dan ada yang menyatakan ia adalah bahasa sejak Adam AS diturunkan di muka bumi.

Meskipun demikian, ia tetaplah bahasa yang dapat diakui sebagai bahasa yang sudah tua dengan berbagai fakta yang telah ditemukan.

Keberadaan bahasa Arab tidak dapat dipandang sebelah mata, selain termasuk bahasa yang “senior”, ia juga memiliki sumbangsih kosa kata yang tidak sedikit ke berbagai bahasa.

Selain itu bahasa Arab juga diakui sebagai bahasa di mana Peradaban tumbuh dengan subur, yakni Peradaban Islam di era Bani Abbasiyah. Maka tak heran jika banyak sekolah, pesantren dan perguruan tinggi yang menggunakan dan mengkaji bahasa ini.

Sedemikian mulia posisi bahasa Arab, dan Allah masih menambahkan dengan menunjuknya sebagai bahasa Al-Qur’an yang tentu menjadi jaminan sakralitas dan keabadian bahasa Arab.

Pada Warta Ngabar edisi XII ini, redaksi mengangkat tema bahasa Arab dengan harapan umat Islam semakin cinta dengan bahasa Kitab sucinya. (Redaksi)