Selamat Datang, 517 Santri Baru Ngabar

 2019-06-20 06:46


Selamat Datang, 517 Santri Baru Ngabar

Setelah sukses melaksanakan ujian atau tes seleksi santri baru gelombang pertama pada Rabu, 1 Mei 2019 lalu, kini Pondok Ngabar kembali mengadakan ujian santri baru gelombang kedua padaKamis, 13 Juni 2019.

Tak jauh beda dari seleksi gelombang pertama, pada seleksi gelombang kedua ini, wali dan calon santri mulai memadati halaman masjid dan gedung Andalusia untuk melakukan registrasi sejak pukul 05.30 pagi. Bahkan, ada yang sudah datang dan menginap sejak 3 hari sebelum pelaksanaan tes.
Beberapa aspek pembaharuan yang dilakukan Pondok dalam seleksi penerimaan ini ialah, ujian tulis tidak lagi menggunakan kertas namun berbasis komputer menggunakan aplikasi Ngabar Quiz.

Selain itu, calon wali santri juga menjalani ujian di saat yang sama, yaitu interview oleh para guru untuk mengetahui lebih lanjut komitmen para calon wali santri dalam memondokkan putra putrinya di Ngabar.

Dalam rangka meningkatkan kualitas baik dalam aspek pelayanan santri maupun lulusan atau alumninya, Pondok Ngabar mulai menerapkan sistem kuota dalam menerima santri baru, hal ini dikarenakan keterbatasan fasilitas dan SDM yang dimiliki serta upaya meningkatkan pembinaan serta pembimbingan santri baru.

Pada gelombang kedua ini terdapat 143 calon putri dan 138 calon santri putra. Rekapitulasi jumlah santri baru putra 273 dan putri 298 santri. Dalam tiga hari, sabtu-senin (15-17/6) akan diadakan orientasi untuk santri baru berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, seperti makan, mandi, mencuci baju, mengurus keperluan sendiri secara mandiri, dan pengenalan singkat tentang pondok beserta seluruh kegiatan dan disiplin yang ada. Sehingga, diharapkan santri baru siap memulai perjuangan panjang menjadi kader-kader umat dan bangsa. (Fawaid)