Perdana, Ngabar Quiz Sambut Calon Santri Baru 2019

 2019-05-12 07:33


Perdana, Ngabar Quiz Sambut Calon Santri Baru 2019

Pondok Ngabar- Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar adakan seleksi Ujian Penerimaan Santri Baru 2019/2020 Gelombang Pertama. Dalam ujian tahun ini, ada beberapa pembaruan yang diterapkan, antara lain tes tulis online berbasis komputer dan interview wali santri.


Semangat para calon pejuang ilmu ini terlihat sejak mereka mulai memadati halaman masjid Ngabar dan kampus putri sebelum pukul 06.00 WIB Rabu (01/05). Sebanyak 131 calon santri putra dan 215 santri putri tidak hanya datang dari berbagai wilayah Jawa Timur dan sekitarnya, namun ada juga m dari luar pulau Jawa seperti Kalimantan, Sumatera dan Papua.


Proses ujian di awali dengan registrasi sebelum mengikuti ujian seleksi dan pengambilan kartu identitas pada pukul 7 pagi dan dilanjutkan dengan sarapan. Usai sarapan, calon santri baru mengikuti ujian tulis online di laboratorium komputer menggunakan aplikasi Ngabar Quiz.


Pada ujian tulis ini, tiap santri diberi 25 butir soal dengan waktu pengerjaan selama 30 menit. Usai ujian tulis, mereka melanjutkan ke interview, tes baca al-Qur'an, dan praktik ibadah amaliyah kepada salah satu dari 13 penguji yang disediakan.


Di saat yang sama, calon wali santri juga mengikuti interview seputar psikologi sosial dan latar belakang anak, sehingga keterkaitan antara wali santri dan Pondok Ngabar terjalin dengan baik. Meski menggunakan sistem baru, seluruh proses ujian ini berjalan dengan baik dan selesai pada pukul 10.30 WIB (Doni)