Kembangkan Virtual Payment, Ngabar Gandeng BMI dan ICT

 2019-04-19 18:06


Kembangkan Virtual Payment, Ngabar Gandeng BMI dan ICT

Pondok Ngabar- Usai mengembangkan Sistem Informasi Administasi Pesantren (SIAP) pada 2016 silam, kini Pondok Pesantren "Wali Songo" Ngabar (Pondok Ngabar) mengadakan kerjasama dengan Bank Mu'amalat Indonesia (BMI) dan PT. Inovasti Cipta Teknologi (ICT) dalam sistem pembayaran online atau virtual payment pada Kamis (18/4).

Ada tiga hal yang akan dikembangkan dalam kerjasama, yaitu sistem pembayaran online dengan Virtual Account (VA), transaksi non tunai (cashless), dan mobile aplikasi. Setelah ketiga hal ini berjalan, selanjutnya akan dikembangkan sistem e-presensi yang terintegrasi.

Dalam sistem ini, setiap santri akan diberi akun VA yang berfungsi sebagai akun transaksi SPP bulanan dan tabungan santri. Selain itu juga akan diberi satu kartu multifungsi sebagai kartu identitas, alat transaksi non tunai, dan alat presensi sekolah di saat yang bersamaan.

Ketua Yayasan Pemeliharaan dan Pengembangan Wakaf (YPPW-PPWS) Ustadz Mohammad Zaki Su'aidi menegaskan bahwa ikhtiar ini merupakan usaha mewujudkan manajemen pesantren yang terintegrasi. Sehingga, dapat memudahkan orang tua, santri dan pihak pesantren dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran.

Lebih lanjut, beliau juga menjelaskan bahwa di era revolusi industri 4.0, hanya lembaga pendidikan yang berlari cepat mengadaptasi teknologi yang mampu bertahan. "Dulu lembaga yang paling kuat bertahan adalah lembaga yang sehat dan stabil. Tapi, sekarang hanya lembaga yang mampu lari cepat (beradaptasi dengan teknologi) yang mampu bertahan", ujarnya.

Usai penandatangan MoU ini, dilanjutkan dengan clinic coaching oleh tim ICT kepada staf administrasi keuangan pesantren. Diharapkan, dengan adanya sinergi ini dapat mengingkatkan kualitas manajemen pesantren menyongsong Visi Ngabar 2020. (Amir)