12 Santri Tampil di Final MHQ Pondok Ngabar

 2019-04-15 13:47


12 Santri Tampil di Final MHQ Pondok Ngabar

Pondok Ngabar - 12 santri dinyatakan lolos setelah diuji oleh para muhafidz Markazul Qur’an pada babak penyisihan yang diikuti oleh 38 peserta dari berbagai tingkatan kelas. Mereka yang lolos, berhak tampil di hadapan seluruh santri dan asatidz sebagai finalis dalam lomba Musabaqoh Hifdzil Qur'an wa Tartil bi Manhaj Ummi (MHQ) pada Jum'at (22/3) di masjid Ngabar.

Masing-masing finalis diuji sesuai dengan kategori lomba, yaitu hafalan juz 30, juz 1, surat pilihan, dan tartil oleh tiga orang juri yaitu Ustadz H. Shobari, Ustadz Hady Saptono, S.Ag, dan Ustadz Ahmad Dhamanhuri al Hafidz. Panitia juga memberikan kesempatan kepada hadirin untuk memberikan pertanyaan. Pertanyaan yang diberikan meliputi materi hafalan, bacaan, dan tajwid.

Salah seorang muhafidz Markazul Qur’an, Ustadz Abdullah menegaskan bahwa MHQ adalah program unggulan Markazul Qur’an untuk mewujudkan Visi Ngabar 2020, yaitu unggul dalam al-Qur’an. Di samping itu juga menjadi komitmen mencetak generasi qur’an yang siap berdakwah kepada umat tentang lima kewajiban pada al-Qur’an yaitu, membaca, tadabbur, mengamalkan, mendakwahkan, dan berhukum dengan al-Qur’an.

Pimpinan Pondok, Ustadz Drs. KH. Moh Ihsan, M.Ag juga sangat mengapresiasi lomba hafalan Qur’an ini. Kyai Ihsan berharap agar tahun depan program ini bisa ditingkatkan dari segi kualitas dan kuantitas hafalannya menjadi 5 juz, atau lebih tinggi lagi. Bahkan, lebih jauh beliau berobsesi supaya santri nantinya bisa mengikuti kegiatan hifdzul Qur’an ditingkat nasional maupun internasional. (Sazali)