Workshop Public Speaking, Pacu Santri Kembangkan Bakat Komunikasi

 2019-01-21 20:21


Workshop Public Speaking, Pacu Santri Kembangkan Bakat Komunikasi

Pondok Ngabar – Salah satu tradisi yang dibangun di pesantren adalah memungkinkan para santri memiliki keahlian public speaking, salah satunya dengan kegiatan muhadloroh yaitu latihan berpidato mengunakan bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia. Lain dari pada itu Majelis Pembimbing Santri (MPS) Putra juga berupaya memberikan solusi untuk meningkatkan semangat kepada santri untuk selalu mengembangkan skill di bidang ini dengan menggelar Workshop Public Speaking di meeting hall gedung NBC lantai 3, Sabtu (5/1) yang melibatkan seluruh santri kelas 5 TMI sebagai peserta.

Tujuan diadakan acara ini adalah sebagai ajang melatih mental santri, melatih berbicara di depan umum, dan motivasi agar lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan pelatihan public speaking.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Zulfikar Yusuf, M.Pd.I, alumni ke-43 Pondok Ngabar yang kini mengabdi di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang sebagai dosen, serta menggeluti dunia public speaking. Pemuda berasal dari Kupang, NTT ini memberikan tips tambahan agar dapat memiliki kepercayaan diri ketika berbicara di dpean public. Menurutnya persiapan yang baik sebelum berbicara sangat membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Sementara itu, Ustadz Ikhwanuddin selaku wakil ketua Majelis Pembimbing Santri yang turut hadir dalam acara tersebut menuturkan tujuan acara ini juga untuk meningkatkan kemampuan santri dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah kepada umat, dan mengemasnya dengan sajian yang menarik.

Dalam pelatihan tersebut, para santri diberikan sejumlah materi tentang bagaimana mengatasi kendala ketika berbicara di depan public, membuat struktur komunikasi hingga praktik public speaking di depan seluruh peserta.

Terselenggaranya kegiatan ini sejalan dengan ciri khas lulusan pesantren yang mampu untuk menyampaikan dakwah-dakwah Islam dipenjuru nusantara. (Sazali)