Ngabar Bekali Santri Akhir dengan KML

 2018-12-07 20:58


Ngabar Bekali Santri Akhir dengan KML

Pondok Ngabar- Pramuka di Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar) merupakan ekstrakulikuler wajib Kegiatan tersebut berbasis pada pokok penanaman pendidikan kepemimpinan atau leadership pada jiwa tiap adika pramuka. Pramuka di Pondok Ngabar dibagi menjadi tiga golongan, yaitu; Penggalang, Penegak, dan Pembina yang dipersatukan dalam delapan kelompok pramuka.

Keistimewaan pramuka di Pondok Ngabar adalah golongan Pembina yang seharusnya baru bisa dicapai pada umur 25 tahun, sudah bisa didapat oleh santri Kelas Enam Tarbiyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (TMI). Dalam sistem dan metode yang unik tersebut, Pondok tidak berhenti berinovasi dalam berpramuka dan berhasil melanjutkan kiprah untuk melahirkan Pembina yang lebih berkualitas dengan pengadaan Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan (KML).

 Kursus ini merupakan lanjutan dari Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang telah dilaksanakan oleh Kelas Lima TMI Pondok Ngabar pada bulan September. Event ini dimulai dari Sabtu-Jum’at (24-30/11/2018). Pembukaan berlangsung pada Sabtu Pagi dan dihadiri oleh Kwartir Cabang (KWARCAB) Ponorogo Drs.H.Soedjarno,MM beserta Pimpinan Pondok Ngabar, dilanjutkan dengan pemberangkatan menuju tempat kemah yang berlokasi di Lapangan desa Winong, dan sesi materi tiga kali sehari selama empat hari, pelatihan baris-berbaris bersama KODIM 0802/Ponorogo, dan penutupan kursus di hari terakhir.

Peserta berasal dari santri akhir Pondok Ngabar yang berjumlah 289 terdiri dari 167 santri putra dan 122 santri putri. Dalam pelaksanaannya, Ka’ MABIGUS Drs. Khudlori HF mengakui adanya nilai plus tersendiri dari KML 2018/2019. Bukan hanya dari segi antusiasme dan keaktifan peserta dalam kursus, tetapi juga dari materi yang disampaikan lebih berbobot dan terkonsep dengan sangat baik.

Seluruh peserta dinyatakan lulus dan diharapkan dengan pengadaan kursus, dapat memajukan kepramukaan di Pondok Ngabar tercinta. Dengan tercetaknya Pembina yang berkualitas haruslah bisa menginspirasi adika pramuka agar lebih bersemangat dalam tiap kegiatan.(Muaz)