Recharging Semangat Santri Dengan Tadabbur Alam

 2018-12-03 06:37


Recharging Semangat Santri Dengan Tadabbur Alam

Tawangmangu – Waktu liburan pertengahan tahun telah tiba, para santri pulang ke kampung halaman masing-masing.  Namun tidak seluruh santri diperbolehkan pulang. Khusus santri yang berdomisili di luar pulau jawa dan tidak memiliki saudara di Jawa, bermukim di pondok.

Rihlah tadabbur alam merupakan kegiatan bagi santri mukim sebagai pengganti kepulangan mereka ke rumah. Sekitar 207 santri putra berwisata ke Argo Wisata Amanah, Tawangmangu, Jawa Tengah pada Sabtu (24/11) bersama beberapa asatidz pendamping. Selama ditempat wisata, para santri disuguhkan dengan permainan-permainan menarik yang berorientasi pada pendidikan dengan bimbingan instruktur.

Pada pelaksanaannya, santri dibagi menjadi delapan kelompok. Setiap kelompok didampingi satu orang instruktur. Setiap kelompok ditugaskan untuk membuat yel-yel sebagai penyemangat. Secara bergantian, para santri  menikmati wahana yang ada seperti tarik tambang lumpur, the muse, polo air, segitiga berjalan, perang badar, ball transfer, menangkap ikan, dan beberapa wahana lainnya.

Setiap kelompok berusaha mengumpulkan poin dari wahana yang disediakan. Program permainan pada outbond ini menuntut peserta untuk dapat bekerjasama yang baik dan kompak dalam memecahkan suatu permasalahan.

Meski sederhana, kegiatan tersebut dapat menghilangkan kejenuhan para santri dan mengembalikan semangat para santri, sehingga siap untuk belajar kembali dan mampu belajar dengan baik dalam bidang akademik dan non-akademik di semester genap. (Sazali)