Evaluasi Pembelajaran Santri melalui Ujian

 2018-12-03 06:20


Evaluasi Pembelajaran Santri melalui Ujian

Pondok Ngabar – Kegiatan belajar mengajar tahun ajaran 2018/2019 telah memasuki pertengahan tahun, kini tibalah santri Ngabar mengikuti serangkaian ujian. Ujian Pertengahan Tahun sebagai tolak ukur kemampuan dalam memahami dan menangkap pelajaran yang telah diberikan dalam kegiatan belajar mengajar selama setengah tahun pertama ini.

Ujian Pertengahan Tahun dilaksanakan dengan 2 bentuk ujian yaitu ujian lisan (Oral Examination) dan ujian tulis (Written Examination) yang diadakan secara bergantian. Ujian lisan dilaksanakan selama 6 hari (3-8/11) dengan tiga materi yakni Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan ibadah ‘amaliyah. Ujian Lisan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan santri dalam berkomunikasi Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Setelah berakhirnya serangkaian ujian lisan, santri dihadapkan dengan ujian tulis yang dilaksanakan selama 12 hari yang dimulai pada Sabtu-Rabu (10-21/11).

Ujian Pertengahan Tahun melibatkan santri kelas 1 – 5 Tarbiyatul Mu’allimin/ Mu’allimat al-Islamiyah. Berbeda dengan santri kelas 1-5, santri kelas 6 diberikan tanggung jawab untuk menjadi penguji ujian lisan dan pengawas di ujian tulis, serta piket di beberapa sektor pondok.

Seiring dengan berjalannya ujian, program keliling malam oleh guru-guru membantu mensuksekan ujian pertengahan tahun. Program tersebut dapat menciptakan miliu belajar santri yang kondusif. Sehingga santri dapat terkontrol belajarnya dan mempersiapkan diri mereka untuk menghadapi ujian esok harinya. (Muhammad Sazali Noor)