Tradisi Ngabar Awali Ujian dengan Tauzi’ul A’mal dan Pengarahan

 2018-12-03 06:00


Tradisi Ngabar Awali Ujian dengan Tauzi’ul A’mal dan Pengarahan

Pondok Ngabar – Menjelang Ujian Pertengahan Tahun, segala persiapan mulai dilakukan seperti tauzi’ul a’mal atau pembagian tugas dan pengarahan. Rabu (31/10) seluruh dewan guru dan seluruh santri akhir putra dan putri berkumpul di gedung auditorium guna mengikuti pengarahan Ujian Pertengahan Tahun.

Pimpinan Pondok, Ustadz KH. Moh Tholhah, S.Ag mengawali agenda tersebut dengan do’a kemudian dilanjutkan dengan pengarahan oleh Ustadz H. Said Abadi, Lc., MA selaku Direktur Tarbiyatul Mu’allimin al-Islamiyah. Beliau menjelaskan bahwa betapa besarnya agenda ujian yang akan dihadapi santri-santri nantinya. Kemudian beliau menyebutkan bahwa betapa pentingnya sebuah pengarahan sebelum melaksanakan sebuah agenda, yaitu supaya seluruh elemen dapat memahami akan tugasnya masing-masing dan menjalankannya dengan sungguh-sungguh.

Bapak pimpinan pondok juga memberikan tanbihat atau pesan-pesan kepada dewan guru terkait pelaksanaan Ujian Pertengahan Tahun ini.  Selanjutnya bapak pimpinan memanggil beberapa santri kelas 6 putra dan putri secara bergantian untuk uji coba terkait materi yang telah mereka dapatkan pada taujihat sebelumnya. Terlibatnya santri akhir sebagai penguji ujian lisan dan pengawas ujian tulis merupakan Pendidikan bagi mereka yang akan memberikan pengalaman, keahlian, serta ketrampilan bagi mereka.

Inilah yang disebut pendidikan pesantren. Semua profesi yang ada dipesantren bisa mereka rasakan dan mereka kuasai. Sehingga mereka benar-benar mampu untuk mandiri/berdiri diatas kaki sendiri. Karena sudah banyak dan cukup, bekal yang telah diberikan oleh pihak pesantren kepada para santrinya.”, ujar Ustadz KH. Heru Saiful Anwar, MA (Sazali)