Program Keliling Malam Menciptakan Suasana Belajar yang Kondusif

 2018-12-03 05:56


Program Keliling Malam Menciptakan Suasana Belajar yang Kondusif

Pondok Ngabar – Kegiatan belajar malam sudah menjadi rutinitas santri Ngabar untuk menunjang kegiatan belajar pagi. Di saat menjelang ujian pertengahan tahun, kegiatan belajar malam ini pun lebih ditingkatkan intensitasnya dari hari biasanya.

Jum’at (2/11) malam program keliling malam oleh guru - guru dimulai. Sejak malam itu, kegiatan belajar malam santri wajib didampingi wali kelas dan guru yang lain yang sedang mengontrol santri belajar. Tujuannya untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif menjelang ujian.

Selain itu, Bapak pimpinan pondok, Ustadz KH. Heru Saiful Anwar, MA juga menghimbau kepada para asatidz untuk bisa terus berpartisipasi dalam kegiatan santri. “Kedudukan seorang guru di Ngabar adalah sebagai pengganti orang tua di rumah dan keberhasilan santri-santri sangat dipengaruhi oleh keseriusan guru-guru dalam membimbing dan mengawasi anak-anak”, pesan beliau dalam perkumpulan dwimingguan asatidz.

Pada pelaksaannya, seluruh guru-guru, baik yang ditinggal di dalam maupun di luar kampus dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengontrol belajar malam santri. Kedekatan antara guru dan santri akan menciptakaan kebersamaan dan pembaharuan niat lewat belajar malam terbimbing ini.

Terciptanya lingkungan belajar yang kondusif memberikan dampak besar untuk persiapan diri santri sebelum menghadapi ujian pertengahan tahun. (Sazali)