Lomba Cerdas Cermat, Pacu Semangat Belajar Santri

 2018-11-14 10:45


Lomba Cerdas Cermat, Pacu Semangat Belajar Santri

Pondok Ngabar – Persiapan maksimal sebelum mengahadapi ujian adalah salah satu langkah awal yang sangat penting untuk membuktikan kemampuan para santri dalam menghadapi ujian akhir semester ganjil. Untuk memacu motivasi belajar santri, Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar) mengadakan lomba cerdas cermat antarkelas.

Cerdas cermat digelar selama dua hari, Jum’at-Sabtu (19-20/10) di halaman gedung al-Azhar pada malam hari. Pada pelaksanaannya, peserta dibagi beberapa kelompok berdasarkan kelas dalam dua klasifikasi, yaitu peserta shigor mencakup kelas 1 dan 1 intensif; kelas 2, 3 dan 3 intensif. Sedangkan peserta kibar mencakup kelas 4 dan 5. Dalam masing-masing kelompok terdapat 4 sampai 5 orang juri.

Peserta dituntut untuk menjawab berbagai soal yang terbagi pada 3 sesi. Pertama, mengerjakan soal tulis. Kedua, soal lemparan, dan terakhir soal rebutan. Dengan terselenggaranya lomba ini, santri dapat mengetahui sampai sejauh mana kesiapan untuk menghadapi ujian dan dapat meningkatkan semangat belajar sebelum ujian berlangsung. Tidak ada yang lebih meyakinkan selain telah melakukan persiapan dengan baik. (Sazali)