Daurah Qur’aniyyah, Tingkatkan Wawasan Ulumul Qur’an

 2018-10-12 17:35


Daurah Qur’aniyyah, Tingkatkan Wawasan Ulumul Qur’an

Pondok Ngabar – Guru Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar) mengikuti Dauroh Qur’aniyyah yang diselenggarakan pada Jum’at (14/9) di aula gedung NBC lantai 3 bersama Mahasiswa semester akhir Universitas al-Azhar Kairo Mesir, Mahmud Sayyid al-Banna dan Ustadz Abi Hamid al-Hasyimi, lulusan perguruan tinggi di Saudi Arabia.

Al-Banna, pemuda yang telah mengkhatamkan al-Qur’an di usia 5 tahun ini memulai kajiannya dengan bercerita seputar dirinya yang tidak terlepas dari al-Qur’an. Selanjutnya, ia juga menjelaskan mengenai urgensi belajar bahasa Arab kepada para peserta dauroh.

Kajian dilanjutkan oleh Ustadz Abi Hamid al-Hasyimi yang mengkaji tentang qiro’ah al-Quran. Ia menjelaskan bahwa al-Qur’an bukan hanya sekedar bacaan. Namun lebih dari itu, diperlukan pemahaman tentang rasm al-Qur’an untuk benar-benar bisa memahami al-Qur’an.

“Kita banyak membaca al-Qur’an tapi jarang mengamati tulisannya. Al-Qur’an banyak sekali mengandung qiyas. Jadi pelajarilah al-Qur’an hingga ke tingkatan mutawatir.” Pesan beliau.

Pentingnya mentadabburi al-Qur’an yang penuh teka-teki juga dijelaskan kepada para peserta. Masyarakat awam dalam hal ini banyak yang hanya sekedar membacanya namun tidak mempelajarinya. Satu tujuan terpenting dari kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan ilmu al-Qur’an, pemahaman terkait dengan bahasa arab dan rasm al-Qur’an yang disampaikan langsung oleh pakarnya. (Sazali)