Unggun Gembira Meriahkan Penutupan KMD

 2018-10-05 06:33


Unggun Gembira Meriahkan Penutupan KMD

Ponorogo – Kegiatan Kursus Mahir Pembina Pramuka tingkat Dasar (KMD) di Pondok Pesantren “Wali Songo” telah usai sudah. Berakhirnya kegiatan ditandai dengan penyalaan api unggun di bumi perkemahan. Sebanyak 327 peserta mengelilingi sebuah lapangan dilingkungan desa Wringianom, kecamatan Sambit, Ponorogo pada Ahad (23/9) malam.

Di tengah suasana hening itu, Ka’ Dr. H. Sumani, M.Pd selaku pembina upacara, menyampaikan tiga pesan untuk para peserta, yaitu Pertama, laksanakan dan wujudkan Trisatya dan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari, di lingkungan keluarga, masyarakat, dan di lingkungan berbangsa dan bernegara.

Kedua, persiapan diri untuk menyongsong masa depan, mengisi kemerdekaan Indonesia dengan mempersiapkan ilmu pengetahuan, menguasai teknologi, dan menjiwai semangat Pancasila; dan ketiga, harus senantiasa berbakti kepada orang tua, kepada guru, serta kepada bangsa dan negara.

Beberapa penampilan dari peserta turut memeriahkan unggun gembira kali ini, diantaranya kesenian Reog, capoera, dan puisi. Penonton bukan hanya dari kalangan peserta saja melainkan warga desa Wringianom turut menyaksikan unggun gembira ini dengan gembira. Hal ini menjadi sarana pengenalan Pondok Ngabar kepada masyarakat.

Kegiatan perkemahan yang berlangsung selama 4 hari ini (21-24/9) bertujuan mencetak para pembina mahir yang siap terjun membina peserta didik pramuka. Selama berada di bumi perkemahan, para peserta mendapatkan pelatihan dari jajaran pelatih Kwarcab Ponorogo serta mengikuti kegiatan outbond yang diagendakan oleh panitia. (Sazali)