YPPW-PPWS Komitmen Memajukan Ekonomi Islam dan Pesantren

 2018-09-27 17:42


YPPW-PPWS Komitmen Memajukan Ekonomi Islam dan Pesantren

Pondok Ngabar – Yayasan Pemeliharaan dan Pengembangan Wakaf Pondok Pesantren Wali Songo (YPPW-PPWS) terus bersinergi meningkatkan mutu kerjanya. Lembaga yang bertanggungjawab mengelola aset Pondok Ngabar ini menyelenggarakan rapat koordinasi dan konsolidasi pada Jum’at (21/9) di Aula Gedung NBC lantai 3 dengan menghadirkan Ketua Yayasan Pemeliharaan dan Perluasan Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor (YPPWPM), Ustadz H. Imam Shobari, S. Ag, untuk memberikan pengarahan dan nasihat.

Acara diawali dengan presentasi Ketua YPPW-PPWS, Ustadz H. Mohammad Zaki Su’aidi, Lc., M.PI. Beliau memaparkan terkait pencapaian kinerja yayasan dalam mengembangkan pondok, baik di bidang ekonomi, pertanahan, dan pembangunan gedung. Capaian terbagi menjadi tiga proyek, yaitu proyek skala besar, skala sedang, skala kecil. Dalam kurun waktu dua tahun yayasan telah menyelesaikan sejumlah 24 proyek skala besar, 13 proyek skala sedang, dan 62 proyek skala kecil.

Ketua YPPWPM, Ustadz Shobari memulai paparannya dengan bercerita nostalgia tentang pengembangan Gontor. Beliau dengan perlahan dan pasti menyampaikan kepada hadirin sejarah Gontor mulai masa perintisan hingga sekarang. Pada saat ini Gontor merupakan pondok yang mandiri secara ekonomi dengan mengandalkan badan usaha yang dimilikinya. Selain itu, peran alumni juga sangat penting dalam mengembangkan pondok dalam berbagai sisi.

Banyak pelajaran dan motivasi yang didapatkan dari Ustadz Shobari. Beliau menjelaskan kepada seluruh jajaran YPPW-PPWS yang hadir bahwa kedisiplinan menjadi hal yang signifikan untuk mencapai kesuksesan. “Disiplin dalam apapun akan mendorong kesuksesan suatu perbuatan. Kepentingan pondok diatas segalanya”, tegas Beliau.

Sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang pemeliharaan dan pengembangan wakaf, yayasan berkomitmen untuk membantu Pimpinan Pondok dalam mewujudkan kemandirian pesantren di semua bidang. Komitmen itu diwujudkan dengan memajukan ekonomi Islam dan pesantren melalui unit-unit usaha Pondok Ngabar. (Sazali)