Tahun Baru Hijriah: Momentum Tingkatkan Kualitas Ketaqwaan dan Diri

 2018-09-26 10:29


Tahun Baru Hijriah: Momentum Tingkatkan Kualitas Ketaqwaan dan Diri

Pondok Ngabar– 1 Muharram menjadi pertanda pergantian tahun baru hijriah dalam penanggalan kalender Islam. Ummat muslim dari berbagai penjuru dunia beramai-ramai merayakannya dengan berbagai macam kegiatan, berdoa bersama dan Muharram Festival di antaranya. Kegiatan ini diadakan di kampus putri Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar.

Salah satu ciri khas Pondok Ngabar dalam menyambut tahun baru hijriah adalah dengan bermujahadah, yaitu melaksanakan amalan-amalan sunnah seperti shalat taubat, shalat hajat, dan shalat witir. Seluruh santri putri melaksanakan amalan-amalan sunnah tersebut dengan berjama’ah yang diimami oleh Ustadz KH. Moh. Tholhah, S.Ag pada Senin malam (10/9). Selain itu juga diadakan do’a bersama yang dipandu oleh para dewan guru Majelis Pembimbing Santri (MPS) Putri, dan dilanjutkan dengan tausiyah singkat oleh Ustadzah Arini Hidayati, S. Ag yang menyampaikan tentang macam-macam keistimewaan bulan Muharram.

Keesokan harinya, Ahad (11/9), Muharram Festival pun diselenggarakan di depan gedung  Andalusia, yaitu talkshow bersama motivator muslimah Ustadzah Hidayatul Muniroh yang biasa disapa dengan Ammah Hida dengan tema “Pergaulan Sehat Remaja Zaman Sekarang”. Beliau menyampaikan materi kepada seluruh santri putri dengan semangat, namun santai dan akrab sehingga para santri pun antusias dan mendengarkan dengan baik apa yang beliau sampaikan.

Kajian-kajian ilmu seperti inilah yang dibutuhkan oleh generasi muda khususnya santri putri dalam meningkatkan kualitas ketakwaan dan diri agar menjadi muslimah yang sholihah. Semoga ilmu-ilmu yang didapatkan membawa manfaat yang besar bagi para santri putri di Pondok Ngabar. Aamiin (Santi Sukma, Sazali/ed)