KMD, Pendidikan Dasar Pembina Pramuka

 2018-09-22 21:49


KMD, Pendidikan Dasar Pembina Pramuka

Pondok Ngabar- Sebanyak 327 orang calon pembina mengikuti kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar (KMD) yang diselenggarakan di Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar) selama 12 hari, Kamis-Senin (13-24/9). Peserta tersebut terdiri dari 297 santri kelas 5 Pondok Ngabar; 38 orang santri Pondok al-Kautsar Bogor; dan 10 orang santri Pondok Babussalam Madiun.

KMD ini adalah kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan sebagai sarana pembentukan pembina pramuka yang cakap dalam membina kelompok-kelompok pramuka di Pondok Ngabar. Bahkan lebih dari itu, diharapkan mereka juga memberikan pengaruh yang positif melalui pengetahuan serta ketrampilan yang didapatkan dari kegiatan pramuka kelak saat terjun di masyarakat.

KMD dibuka pada Kamis malam (13/9) di Auditorium Pondok Ngabar. Hadir dalam pembukaan ini Pimpinan Pondok, Ka Mabigus, dan Ka Kwarcab Ponorogo, Kak Soedjarno. Dalam sambutannya, Ka Kwarcab yang juga menjabat sebagai wakil Bupati Ponorogo ini berpesan kepada peserta agar dapat berperan aktif dalam KMD, sehingga mendapat pengalaman berharga yang kelak dapat dijadikan bekal kepemimpinan di masa mendatang.

“Bagi kakak-kakak semua yang mengikuti secara aktif dalam pramuka maka akan kelihatan dalam kehidupan di masyarakatnya akan bagus, bahkan lebih dari itu dapat memegang tampuk kepemimpinan baik di pemerintahan, di perguruan tinggi dan di manapun. Inilah ilmu dari dasar pengetahuan, dasar keterampilan dari pramuka ini.” ujar Kak Soedjarno.

Dalam kegiatan ini, para calon pembina mendapatkan sepaket materi pada setiap pelatihan yang akan disampaikan oleh kakak-kakak pelatih, baik dari Kwartir Cabang Ponorogo maupun dari internal pondok. Selepas mengikuti KMD, seluruh peserta akan diberi amanah sebagai pembina di masing-masing kelompok pramuka yang ada di Pondok Ngabar. (Sazali, Amir)