Tingkatkan Kualitas Guru dengan Workshop Implementasi HOTS

 2018-08-31 20:52


Tingkatkan Kualitas Guru dengan Workshop Implementasi HOTS

Pondok Ngabar- Salah satu kewajiban seorang guru adalah mendidik muridnya serta mengembangkan nilai-nilai kehidupan hingga dapat memengaruhi perilaku siswa dengan ajaran yang baik.

Tarbiyatul Mu’allimin/ Mu’allimat al-Islamiyah (TMI/TMt-I) mengadakan acara Workshop Implementasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kamis (24/8) di aula Ngabar Business Center (NBC) diikuti oleh seluruh guru putra dan putri. Acara yang dibuka secara resmi oleh Direktur TMI dan Pimpinan Pondok ini menghadirkan Ibu Aini Ummu Syukriyah, S.Pd. Beliau adalah salah satu alumni Pondok Ngabar ke-32 yang hingga kini menjadi trainer di bidang pendidikan.

HOTS merupakan kemampuan berfikir tingkat tinggi yang lebih tinggi dari sekedar menghafal data-data tertentu atau menceritakan kembali apa yang telah ia terima secara tepat tanpa mengurangi atau menambah sesuatu apapun. Dengan demikian, HOTS menuntut peserta didik untuk mampu melampaui informasi yang diberikan oleh guru. Peserta didik harus meramu dan meracik kembali informasi yang diterimanya dan kemudian dihasilkan hasil analisa dan kreatifitas dari peserta didik tentang informasi tersebut.

Dalam bidang pengajaran bahasa asing, guru memberikan stimulus agar peserta didik dapat merespon objek kajian secara luas dan bebas berdasarkan daya kreatifitas yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik.

Agenda workshop implementasi HOTS ini sangat penting untuk mengembangkan kualitas guru di Pondok Ngabar. Sehingga dengan guru yang berkualitas akan mampu melahirkan generasi yang berkualitas pula. Hal ini senada dengan yang dipesankan Ustadz Drs. Moh. Ihsan, M.Ag dalam sambutannya, bahwa program pengembangan guru merupakan hal yang sangat penting. “Pengajar, pendidik itu laksana pabrik, dan pabrik itu akan menjadi baik jika terus diperbaiki, diperbaharui, dan dikembangkan”, Ujarnya. (Santi, Zulfa/ Ed.Amir)