‘Idul Adha: Momentum Berbagi Kebahagiaan

 2018-08-23 19:07


‘Idul Adha: Momentum Berbagi Kebahagiaan

Pondok Ngabar– Tidak seperti halnya shalat Idul Fitri, hari raya Idul Adha tidak ada perpulangan bagi santri. Mereka diwajibkan mengikuti shalat Idul Adha bersama-sama di Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar). Rangkaian ibadah shalat Idul Adha 1439 Hijriah ini diselenggarakan di Lapangan Ngabar, Rabu (22/8) pagi. Adapun yang bertindak sebagai imam adalah Ustadz KH. Moh.Tholhah, S.Ag, khotib Ustadz Drs. Amir Mukmin, M.Pd.I dan bilal Ustadz H. Shobari, S.Sos.I

Selain itu, ibadah shalat Idul Adha ini juga dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat desa Ngabar yang sudah berkumpul sejak pukul 05.30 WIB. Rangkaian ibadah ini dibuka langsung oleh Pimpinan Pondok, Ustadz Drs. KH. Moh. Ihsan, M.Ag sekaligus menyambut para jama’ah. Kiai Ihsan menyampaikan beberapa informasi terkait Ibadah Shalat Ied dan pengumuman terkait hewan kurban yang kemudian dilanjutkan dengan Shalat Idul Adha.

Usai menunaikan ibadah shalat, para jamaah mendengarkan khutbah yang disampaikan oleh Ustadz Drs. Amir Mukmin, M.Pd.I. Beliau menegaskan kepada para jama’ah bahwasannya berkurban dapat meneguhkan jiwa ketauhidan untuk selalu taat kepada Allah yang Maha Esa. Jiwa berkurban yang dihidupkan melalui ibadah kurban dapat meredam hawa nafsu yang selalu mendorong manusia untuk berbuat kesalahan.

“Kita diperintahkan oleh Allah SWT untuk berkurban adalah agar kita mampu menjadi pemenang dan bisa berprestasi”, tegas Ustadz Amir.

Alhamdulillah pada tahun ini Pondok Ngabar diberikan amanah untuk menyembelih 3 ekor sapi dan 35 ekor kambing/ domba dari para donatur kurban berasal dari guru pondok, wali santri, santri, dan masyarakat. Momentum ini menjadi salah satu sarana edukasi bagi Santri Ngabar, dimana mereka dapat menyumbangkan sebagian dari hartanya untuk berkurban di Pondok Ngabar yang selanjutnya daging kurban akan didistribusikan kepada masyarakat.

Momen Idul Adha memberikan kesan tersendiri bagi seluruh santri ngabar. Mereka yang hanya makan dengan lauk sederhana dalam kesehariannya, kini mereka dapat merasakan nikmatnya daging sapi dan kambing. Maka, tidak heran jika Idul Adha menjadi momen bahagia untuk saling berbagi daging hewan kurban kepada yang membutuhkan dan menjalin silaturrahim.

Keluarga besar Pondok Ngabar menyampaikan terima kasih kepada segenap donatur yang telah berkurban pada tahun ini. Semoga limpahan pahala senantiasa diberikan kepada mereka yang dengan ikhlas menyumbang harta, tenaga dan pikiran di hari raya Idul Adha ini. Amin. (Sazali)