Perkuat Silaturrahmi melalui Buka Bersama Puasa Arofah

 2018-08-23 09:53


Perkuat Silaturrahmi melalui Buka Bersama Puasa Arofah

Pondok Ngabar – Buka puasa 9 Dzulhijjah atau buka Puasa Arafah kembali digelar di Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar) yang sudah menjadi tradisi setiap tahun yang dihadiri seluruh santri, guru dan pimpinan pondok. Acara ini terbagi menjadi 2 lokasi pelaksanaan, santri putra berada di depan Masjid Ngabar sedangkan putri berada di depan Gedung Andalus.

Sambil menunggu waktu berbuka tiba, Pimpinan Pondok, Ustadz Drs. KH. Moh. Ihsan, M.Ag memberikan tausiyah terkait keutamaan, pahala dan barakah dari puasa Arofah. Selain itu, beliau juga memberikan bantuan kepada santri-santri yang keluarganya menjadi korban bencana gempa bumi di Lombok. Dengan demikian, acara ini bukan saja ajang edukasi bagi santri untuk berlatih berpuasa, melainkan juga untuk memperkuat silaturrahmi antar sesama keluarga Pondok Ngabar.

“Puasa Arafah ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW sebagaimana sabdanya yaitu puasa pada hari Arafah bisa menghapus (dosa) setahun, yaitu tahun yang sebelum dan sesudahnya.”, jelas Kiai Ihsan.

Buka puasa arafah tahun ini diselenggarakan atas bekerjasama dengan para donatur dari Kuwait yang memberikan bantuan sebanyak 2000 porsi nasi kotak untuk santri putra dan putri beserta guru-guru. Tahun ini merupakan tahun kedua donatur Kuwait memberikan bantuannya kepada Pondok. Pengadaan nasi kotak buka puasa bekerjasama dengan Ngabar Food Production yang merupakan salah satu unit usaha pondok bidang katering. (Sazali)