Manasik Haji: Ajang Edukasi Ibadah Haji

 2018-08-20 21:06


Manasik Haji: Ajang Edukasi Ibadah Haji

Pondok Ngabar – Layaknya calon jama’ah haji sebelum berangkat ke tanah suci, seluruh santri putra dan putri kelas 5 Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar) dibekali  dengan pengetahuan dan pemahaman terkait tata cara pelaksanaan ibadah haji sesuai rukun dan syari’ah. Sehingga setelah lulus dari pondok memiliki pengetahuan yang cukup tentang ibadah haji. Kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan panitia manasik haji Pondok Ngabar ini diselenggarakan selama 6 hari, mulai dari 14-20 Agustus 2018.

Sebelum melakukan praktik manasik haji, para santri terlebih dahulu mengikuti serangkaian pembekalan materi terkait ibadah haji dan umrah yang diisi oleh para ustadz dan ustadzah yaitu Ustadz KH. Moh. Tholhah S.Ag; Ustadz Drs. KH. Moh. Ihsan, M.Ag; Ustadz Drs. H. Hariyanto, MA; Ustadz H. Imam Syafa’at, Lc., MA; Ustadz Drs. H. Abdul Manaf; Ustadz H. Said Abadi, Lc., MA; Ustdzah Hj. Sudarsih Ahmad, S.Pd.I; Ustdzah Dra. Hj. Ummi Mahmudah, MA; Ustdzah Hj. Siti Maesaroh; dan Ustdzah Hj. Rahmah Maulidia, MA

Setelah mendapatkan materi yang cukup pada sesi pembekalan, barulah para santri putra dan putri mengikuti praktik manasik haji yang dilaksanakan di lapangan Ngabar dan terbagi menjadi 2 sesi pelaksanaan. Untuk santri putra dilaksanakan pada hari Ahad pagi (19/8) sedangkan untuk santri putri dilaksanakan pada hari Senin pagi (20/8). Kegiatan praktik manasik haji ini di pantau langsung oleh pimpinan pondok Ustadz KH. Moh. Tholhah, S.Ag dan Ustadz Drs. KH. Moh. Ihsan, M.Ag.

Seakan hendak melaksanakan haji ke tanah suci para santri dan santriwati pun berpakaian ihram dan membaca do’a-do’a sesuai dengan tuntunan haji. Kegiatan manasik haji yang pertama kali dilakukan adalah miqat, thawaf, sa’i,  dilanjutkan ke Mina, Arofah dan ke Muzdalifah. Kemudian melempar jumroh (Ula, Wustha, Aqobah) dan diakhiri dengan tahallul.

Dengan pelatihan manasik haji ini diharapkan para santri dapat memahami pelaksanaan haji dengan baik dan semoga kelak mereka dapat berkesempatan langsung menunaikan ibadah haji di tanah suci. (Sazali)