Kiai Ihsan Hadiri Muzakarah Ulama Internasional

 2018-07-21 20:07


Kiai Ihsan Hadiri Muzakarah Ulama Internasional

Aceh- Pimpinan Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar), Ustadz KH. Moh. Ihsan, M.Ag didampingi Ustadz Drs. Purnomo Rosyid menghadiri acara Muzakarah Ulama Internasional Tauhid Sufi ke V di Banda Aceh pada Jum’at-Ahad, 13-15 Juli 2018. Kegiatan tersebut diadakan oleh pemerintah Aceh dan diprakarsai oleh Ulama Aceh yang tergabung dalam Majelis Pengkajian Tauhid Tasawwuf (MPTT).

Muzakarah ini dihadiri oleh 900 ulama yang telah diundang. Selain berasal dari Aceh dan sejumlah provinsi lain di Indonesia, Ulama yang hadir juga berasal dari negara di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika.

Dalam muzakarah ini, ada tiga rekomendasi yang dihasilkan dari lima persoalan yang dibicarakan selama acara berlangsung. Pertama, pemerintah hendaknya berdiri di atas semua golongan dan memberikan perlindungan terhadap keberadaan semua kelompok keagamaan yang ada di Aceh sepanjang masih berada dalam koridor al-Qur’an, Hadits Nabi SAW, dan i’tikad Ahlussunnah wal jama’ah.

Kedua, pemerintah hendaknya mendorong dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan muzakarah para ulama untuk mengharmonisasikan perbedaan pendapat guna menyelesaikan persoalan-persoalan ummat. Rekomendasi terakhir adalah, semua ulama dari berbagai paham diharapkan dapat bersatu menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi umat, baik di tingkat lokal, regional, maupun internasional.

Selain menghadiri Muzakarah Ulama, Ustadz Ihsan juga bersilaturahim dengan alumni Pondok Ngabar di Aceh dan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Aceh, Prof. Dr. Warul Walidin AK, M.A, didampingi alumni Pondok Ngabar guna memperluas syiar Pondok Ngabar. (Amir)