Relokasi TPS untuk Daur Ulang Sampah

 2018-06-08 07:18


Relokasi TPS untuk Daur Ulang Sampah

Pondok Ngabar- Dalam upaya optimalisasi pengelolaan sampah yang besar, Yayasan melakukan langkah besar dengan merelokasi Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) yang sebelumnya berada di samping utara gedung Al-Azhar berpindah ke tepi sungai barat gedung al-Azhar. Hal ini agar TPS bisa memaksimalkan fungsinya dalam mengelola sampah mulai dari pemilahan, pembakaran dan daur ulang sampah-sampah untuk menghasilkan sesuatu yang produktif.

Dalam upaya meningkatkan kebersihan dan optimalisasi pengelolaah sampah, Pondok Ngabar memiliki 6 karyawan kebersihan dan 4 karyawan pengelola sampah, selain juga ada beberapa santri -khususnya dari pengurus OSWAS yang berjumlah 6 orang bertugas membantu dalam menertibkan kebersihan Pondok.

Setiap harinya Pondok menghasilkan volume sampah yang cukup tinggi, khususnya di asrama santri putra dan putri, oleh karena itulah perlu adanya perbaikan dalam pengelolaan sampah tersebut. Dalam satu pekan TPS mampu menghasilkan profit yang cukup besar karena dikelola dengan baik. Hal ini mendorong untuk terus meningkatkan pengelolaan sampah agar segela sesuatu yang ada di Pondok bisa memberikan manfaat khususnya dalam pendidikan. (Fawaid)