Pembangunan Tempat Makan putra

 2018-06-08 07:16


Pembangunan Tempat Makan putra

Pondok Ngabar- Setelah pada tahun 2016 lalu, pemenuhan kebutuhan asrama santri putra telah terpenuhi dengan dibangunnya Asrama Sunan Ampel tahap I, kini pada tahun 2018 arah pemenuhan kebutuhan dasar akan dialokasikan untuk pembangunan tempat makan santri putra. Adapun lokasi pembangunan tersebut tepat berada di sebelah utara gedung Al-Azhar.

Luas tempat makan putra yang baru ini ialah 57 x 13,5 meter dan akan mampu menampung seluruh santri yg berjumlah 1.200 anak. Yang lebih utama dari pembangunan tempat makan santri putra ini adalah menciptakan budaya disiplin dalam hal makan, tertib antri, makan nasi dengan secukupnya tanpa membuang nasi sisa, dan menjaga ketertiban serta kebersihan tempat makan.

Selain itu, dari tempat makan yang baru ini santri-santri akan belajar berbahasa asing baik arab maupun inggris, karena di tempat tersebut akan dilengkapi fasilitas tambahan berupa 2 buah LED besar yang terkoneksi dengan saluran internasional. Sehingga setiap waktu makan tiba, santri dapat menyaksikan siaran-siaran TV internasional yang menanyangkan, berita-berita berbahasa arab dan inggris sembari makan. Hal ini akan sangat membantu dalam menciptakan budaya santri untuk berbahasa, karena salah satu sarana pembelajaran yang efektif ialah dengan melihat dan mendengar langsung dari sumbernya.

Tempat makan putra ini akan diresmikan pada 6 Syawwal 1439 dan mulai digunakan pada tahun ajaran 2018-2019 mendatang.

Bangunan yang diperkirakan menelan dana 1,2 miliar ini sudah dimulai pembangunannya sejak awal April lalu dengan target peresmian pada bulan Juni, sehingga bisa digunakan pada awal tahun ajaran baru 2018-2019.

Dalam dua tahun terakhir, perbaikan tiga fasilitas dasar santri yang meliputi asrama, kamar mandi, dan dapur terus ditingkatkan oleh YPPW-PPWS. Harapannya, selain agar para santri dapat menuntut ilmu dengan fokus dan nyaman, perbaikan fasilitas dasar tersebut juga mampu menumbuhkan peradaban yang lebih baik di Pondok Ngabar. (Fawaid)