172 Calon Santri Lulus PSB Gelombang Pertama

 2018-06-08 07:11


172 Calon Santri Lulus PSB Gelombang Pertama

Pondok Ngabar- Salah satu kegiatan yang menjadi perhatian Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar ialah penerimaan santri baru. Dalam upaya meningkatkan SDM santri dan guru, yang dimulai sejak tahun 2016 lalu, sistem penerimaan santri baru sudah menggunakan sistem seleksi kompetensi dasar dan sistem kuota, sehingga tidak semua pendaftar bisa diterima secara keseluruhan.

Pada tahun ajaran baru 2018-2019, kuota santri baru yang diterima ialah 250 untuk putra dan 210 untuk putri. Proses pendaftaran santri baru sudah dibuka sejak bulan Februari 2018 lalu dengan menggunakan sistem online maupun offline. Dalam melayani para calon mujahid penuntut ilmu ini, Pondok Ngabar meningkatkan kualitas pelayanan, salah satunya ialah melalui sistem pendaftaran online. Selain itu, sistem pelayanan pemenuhan seluruh kebutuhan santri baru mulai dari Kotak, kasur, seragam, buku, alat-alat mandi dan makan juga telah disiapkan dengan baik oleh Pondok. Hal ini dimaksudkan agar para santri baru benar-benar merasakan berada dirumah sendiri, sehingga terasa nyaman dan lancar dalam belajar.

Pada seleksi santri baru gelombang pertama yang dilaksanakan pada Ahad, 13 Mei 2018 ini, diikuti oleh 77 calon santri putra dan 98 calon santri putri. Setelah melalui ujian seleksi penerimaan yang meliputi ujian tulis, ujian membaca Al-Qur’an, praktek ibadah amaliyah dan juga interview, jumlah calon santri baru yang lulus dan diterima berjumlah 73 santri putra dan 96 santri putri. Pendaftar yang belum lulus pada gelombang pertama diperkenankan mengikuti seleksi ulang pada gelombang kedua yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 23 Juni 2018/9 Syawwal 1439 mendatang. (Fawaid)