Ngabar Bekali Calon Alumni dengan Kewirausahaan

 2018-05-09 16:01


Ngabar Bekali Calon Alumni dengan Kewirausahaan

Malang- Ahad (29/4) Santri akhir TMI dan TMt-I calon alumni ke-52 mengikuti studi kewirausahaan bersama guru-guru senior dan pembimbing kelas 6. Pembekalan ini dilaksanakan secara terpisah antara santri putra dan putri, namun berada di satu kota yang sama, Malang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengunjungi beberapa pusat wisata pengembangan usaha strategis yang kelak bisa diadopsi para santri dengan mudah.

Santri putra mengunjungi wisata petik madu di daerah Lawang. Selama dua jam para santri dan guru mengikuti proses pengembangbiakan lebah berikut proses panen madunya. Selepas pembekalan mengenai madu, santri kelas 6 dibagi menjadi 2 kelompok untuk mendalami materi lain, yaitu pembuatan tempe dan tanaman organik di tempat yang sama.

Berbeda dari santri putra, santri putri mengunjungi home industri yang bergerak dalam bidang produksi makanan, yaitu Permata Agro Mandiri. Perusahaan yang telah berdiri sejak 2009 silam di daerah Batu ini mengolah berbagai buah dan sayur menjadi makanan ringan, seperti bakpia apel, bakpia nangka, bakpia durian, dsb. Selain itu juga terdapat kebun petik apel yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Dalam kegiatan ini, para santri diberi wawasan tentang kewirausahaan di luar pesantren, sehingga dapat memperkaya pengetahuan yang telah mereka dapatkan dari pesantren.

Di penghujung kegiatan rihlah para santri diberikan kesempatan untuk mengunjungi arena bermain di Hawai Park untuk santri putra, Jatim Park 3 dan Batu Night Square untuk santri putri. (Amir)