Tumbuhkan Semangat Literasi Remaja melalui LKT

 2018-04-09 08:56


Tumbuhkan Semangat Literasi Remaja melalui LKT

Pondok Ngabar- Dalam rangka menggali potensi para remaja dalam bidang literasi, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin (IAIRM) mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Cerita Pendek (Cerpen) tingkat MA/SMA se-Kab. Ponorogo.

BEM IAIRM mengangkat dua tema berbeda dalam perlombaan ini, yakni “Teknologi Tepat Guna untuk Mendukung Penguatan Sistem Inovasi di Daerah” untuk LKTI, dan tema “al-Qur’an” untuk Cerpen.

Perlombaan ini terdiri dari tiga tahapan yang harus dilalui oleh para peserta, yaitu pertama, tahap pendaftaran dan pengiriman karya tulis kepada panitia pada 20 Februari - 13 Maret 2018. Pada tahap ini panitia akan menyeleksi seluruh naskah yang masuk menjadi 20 naskah terbaik untuk memasuki tahap selanjutnya. Kedua, tahap pengumuman finalis 20 besar pada Jum’at (16/3). Peserta yang berhasil masuk pada tahap kedua, akan mengikuti proses tahap ketiga, yaitu presentasi karya tulis di hadapan para juri dan seluruh peserta pada Sabtu (17/3).

Dalam perlombaan ini, dewan juri memutuskan juara I, II, III bidang LKTI diraih oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Ponorogo, SMA IT Darut Taqwa, dan MAN I Ponorogo. Adapun juara harapan I dan II diraih oleh MA Wali Songo Putri.

Dalam bidang Cerpen, juara I, II, dan III diraih oleh MA Darul Istiqomah, MAN I Ponorogo, dan MA Wali Songo Putri. Sedangkan juara harapan I dan II diraih oleh MA Wali Songo Putri dan MA Ma’arif al-Ishlah.

Dari adanya perlombaan ini, diharapkan para peserta mampu meningkatkan kualitas tulis-menulisnya lebih baik dan menularkan semangat literasi kepada masyarakat lebih luas. (Ilma, Amir)