Tugas Pengabdian Wajib, Program Lanjutan Pendidikan TMI

 2018-03-08 18:08


Tugas Pengabdian Wajib, Program Lanjutan Pendidikan TMI

Pondok Ngabar- Biro sekretariat Pimpinan Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar) memberikan sosialisasi keputusan Pimpinan Pondok tentang pengabdian wajib satu tahun guru Ngabar kepada santri TMI dan TMt-I kelas VI calon alumni ke-52 Pondok Ngabar, Kamis pagi (22/2). Sosialisasi tersebut disampaikan oleh Ketua Biro Sekretariat Pimpinan Pondok Ustadz H. Mohammad Zaki Suaidi, Lc. M.PI. Hadir dalam acara tersebut Ayahanda Pimpinan Pondok Ustadz Drs. KH. Moh Ihsan, M.Ag., Ustadz Moh. Tholhah, S.Ag., Direktur Tarbiyatul Mu’allimin al-Islamiyyah (TMI), Ustadz H. Said Abadi, Lc. MA dan Direktur Tarbiyatul Mu’allimat al-Islamiyyah (TMt-I), Ustadz Hadi Wiyono. M.HI.

Direktur TMI, Ustadz Said Abadi menegaskan bahwa pendidikan di Pondok Ngabar adalah berbasis pendidikan guru, sehingga idealnya para alumni bisa mengemban tugas mulia ini. “Antum semuanya ini ada di dalam lembaga pendidikan yang dalam bentuk Tarbiyatul Mu’allimin dan Tarbiyatul Mu’allimat. Tarbiyatul Mu’allimin artinya pendidikan para guru Islam. Maka, mau tidak mau, kalian semua dan kita semua ini adalah para guru”, terangnya.

Dalam sosialisasi ini, Ustadz Zaki memaparkan tetang sistem guru pengabdian dan tujuan diwajibkannya pengabdian. Pola pengabdian wajib ini terdiri dari lima kategori, mulai dari pengabdian empat dan satu tahun di Pondok Ngabar, dua tahun pengabdian di Pondok Ngabar pasca lulus pendidikan tinggi, hingga pola pengabdian satu tahun di lembaga pendidikan luar dengan berbagai konsekuensi yang harus dijalankan. Hal ini ditujukan agar pembagian pengabdian rata dan sesuai dengan kondisi para santri kelas VI. Dalam kesempatan ini beliau juga membacakan 45 nama-nama santri kelas VI yang mendapat tugas mengabdi di Pondok minimal satu tahun.

Pimpinan Pondok, Ustadz KH. Moh. Ihsan, M.Ag menegaskan bahwa santri kelas VI putra dan putri harus menjalani program wajib mengabdi sebagai lanjutan dari pendidikan di Pondok Ngabar untuk meningkatkan kualitas para alumni. “Tidak satupun baik muallimin maupun muallimat yang lepas dari pengabdian. Ini adalah dalam rangka mengangkat agregat, kualitas, kemampuan daripada alumni Pondok Pesantren Wali Songo”, ujar Beliau.

Selain sebagai tugas, pengabdian wajib mengajarkan kepada para alumni tentang kewajiban mengamalkan ilmu yang telah diperoleh selama belajar di Pondok Ngabar. (Fran, Amir)