Tahsin Tahunan, Upaya Kaderisasi Pengajar Metode Ummi

 2018-03-04 05:56


Tahsin Tahunan, Upaya Kaderisasi Pengajar Metode Ummi

Pondok Ngabar- Tahsin al-Qur’an merupakan salah satu program unggulan Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar yang sudah berjalan hampir 10 tahun ini. Selain dilaksanakan rutin 3 kali dalam sepekan secara mandiri, ada kegiatan tambahan yang bersifat tahunan diselenggarakan oleh Tim Koordinator Ummi Pondok Ngabar bekerjasama dengan Tim Ummi Foundation wilayah Ponorogo.

Kegiatan tahsin al-Qur’an ini berjalan selama 3 hari pada Sabtu-Senin (17-19/2) di Gd. Al-Kautsar dan Gd. Siti Fatimah Kampus Putri dan diikuti oleh santri kelas III Intensif dan IV yang berjumlah 141 santri, serta kelas V  berjumlah 122 santri yang masing-masing dibagi menjadi beberapa kelompok.

Metode Ummi dinilai sebagai metode terbaik dalam proses pembelajaran al-Qur’an di Pondok Ngabar pada saat ini. Dengan adanya metode tersebut pembelajaran al-Qur’an berjalan lebih efektif dan memberikan hasil yang optimal dari sebelumya.

Akhir dari kegiatan tahsin qiro’ah bagi santri ini adalah sebagai seleksi kualitas bacaan. Adapun yang berkualitas baik akan diberdayakan sebagai tenaga pengajar tahsin qiro’ah di Pondok Ngabar. (Zulfa)