TMI Adakan Supervisi Guru

 2018-02-16 11:36


TMI Adakan Supervisi Guru

Pondok Ngabar- Guru merupakan elemen penting dalam dunia pendidikan. Merekalah pengemban utama misi mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga kualitas guru dalam mengajar perlu mendapat perhatian khusus agar dapat meningkat menuju arah yang lebih baik.

Usaha peningkatan kualitas mengajar guru juga diperhatikan di Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar) dengan mengadakan supervisi atau evaluasi guru saat mengajar di kelas. Kegiatan supervisi ini dilaksanakan rutin setiap tahun. Beberapa aspek yang dinilai dalam supervisi meliputi persiapan materi mengajar guru, kemampuan mengelola kelas, dan metode mengajar.

Pada tahun ajaran ini, supervisi dilaksanakan selama 11 hari aktif, mulai Senin (8/1) hingga Sabtu (20/1). Sebanyak 94 guru Tarbiyatul Mu’allimin al-Islamiyyah (TMI) dievaluasi cara mengajarnya oleh 30 guru senior selaku supervisor. Dari 94 guru tersebut dibagi menjadi 30 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 guru yang akan disupervisi oleh  1 guru supervisor.

Direktur TMI, Ustadz H. Said Abadi, Lc, M.A menegaskan bahwa adanya supervisi bukan untuk mencari-cari kekurangan dan kelemahan yang ada pada guru, namun adalah murni untuk meningkatkan kualitas guru, “Tujuan tentu tidak untuk mencari kelemahan atau hal-hal negatif dari kepribadian guru yang bersangkutan, tetapi murni supaya kita bisa meningkatkan diri. Kita sama-sama belajar, baik yang disupervisi, maupun musyrif yang menjadi supervisor. Tentunya kita bersama-sama untuk bagaimana bisa apa yang kita laksanakan dalam mengajar bisa lebih meningkat lagi”, tegas Beliau mengawali laporannya dalam sidang umum lembaga-lembaga.

Kegiatan supervisi ditutup dengan laporan masing-masing supervisor kepada direktorat TMI yang kemudian akan dijadikan data bahan evaluasi oleh masing-masing guru agar dapat meningkatkan kualitas mengajar di masa mendatang. (A. Cahyadi)