Art Man, Wahana Edukasi Kreativitas Santri

 2018-02-06 08:08


Art Man, Wahana Edukasi Kreativitas Santri

Pondok Ngabar- Kamis (25/1) malam merupakan malam yang istimewa bagi santri kelas III Intensif dan kelas IV Tarbiyatul Mu’allimin al-Islamiyyah (TMI) Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar). Karena malam itu merupakan malam pentas seni Art Collaboration Performance (Art Man) 2018 yang mereka adakan.

Dalam mengadakan pentas seni ini, santri kelas III Intensif dan IV dibantu oleh santri kelas VI di bawah bimbingan asatidz Majelis Pembimbing Santri (MPS) Putra. Berbagai persiapan telah mereka lakukan berbulan-bulan sebelumnya, mulai dari membuat konsep acara, latihan penampilan, hingga penggalangan dana, baik dari individu, maupun dari kerjasama.

Ustadz KH. Heru Saiful Anwar, dalam sambutannya menegaskan bahwa pendidikan di Pondok Ngabar tidak hanya sebatas pada pengajaran yang ada di bangku sekolah saja, namun juga seluruh kegiatan luar kelas yang diselenggarakan oleh pesantren, salah satunya adalah Art Man yang merupakan sarana edukasi bagi para santri untuk berkreasi. “Pendidikan di Pondok Ngabar adalah apa yang kamu lihat, apa yang kamu dengar, dan apa yang kamu rasakan, adalah pendidikan. Termasuk malam ini, anak-anakku dari kelas III Intensif dan kelas IV sedang menyajikan suatu pentas seni inshaAllah didalamnya adalah edukasi kependidikan bagaimana anak-anakku berkreasi, berinovasi, sehingga mereka menjadi generasi pada masanya, pada masa dia berada”, ujar Beliau.

Hal senada juga disampaikan oleh Ustadz KH. Moh Tholhah, S.Ag. beliau menekankan bahwa kegiatan ini adalah upaya membekali para santri agar bisa survive di masa mendatang. “Ini adalah bekal persiapan hidup dan kehidupanmu di masa-masa yang akan datang. Inna fii yad asy-syubbani amro al-ummah, wa fii iqdamihaa hayataha. Rijal al-yaum syubbanu al-ghadd, pemuda masa kini, pemimpin masa depan”, tegas Beliau.

Acara ini dibuka secara simbolis oleh Ustadz KH. Moh. Ihsan, M.Ag dengan memukul gong. Selain mengucapkan selamat kepada para santri kelas III Intensif dan IV, Baliau juga mengucapkan selamat untuk para alumni yang hadir menyaksikan acara tersebut secara langsung, maupun yang menyaksikan melalui live streaming. “Saya ucapkan selamat kepada para alumni yang sempat hadir pada malam hari ini, dan yang mengikuti live streaming dari berbagai penjuru tanah air Indonesia dan luar negeri, selamat menyaksikan Art Man 2018”, pungkas Beliau.

Berbagai penampilan ditampilkan oleh para santri, mulai dari qashidah, band, paduan suara, drama bahasa, tari-tari Nusantara, lukis pasir, puisi, dance kolaborasi, hingga atraksi. (Amir)