Merajut Ukhuwah melalui Perkajum

 2018-02-01 06:32


Merajut Ukhuwah melalui Perkajum

Pondok Ngabar- Santri yang harus dididik dengan baik. Mereka dikenalkan dengan berbagai kegiatan yang sarat akan nilai-nilai pendidikan, salah satunya seperti kegiatan Perkemahan Kami Jum’at (Perkajum) yang dilaksanakan oleh Bagian Kepramukaan Organisasi Santri Wali Songo (OSWAS) Putra pada Kamis dan Jumat (18-19/1) yang bertempat di halaman Gedung Al-Azhar Kampus Putra Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar). Acara ini diikuti oleh 201 peserta, terdiri dari 169 santri kelas I dan 32 santri kelas I intensif, di bawah bimbingan 11 kakak pembina kelas V. Dalam acara tersebut, peserta Perkajum dibagi menjadi 8 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 14-15 orang sehingga mengasah kemampuan para santri untuk berinteraksi dan bekerjasama dalam sebuah tim.

Perkajum diawali dengan pendirian tenda masing-masing kelompok di halaman gedung Al-Azhar dan dilanjutkan mengikuti kegiatan pengenalan kepramukaan oleh bagian kepramukaan dan pembina pramuka pada Kamis (18/1). Pada malam hari diadakan Unggun Gembira yang dihadiri oleh Bapak Pimpinan Pondok Ustadz KH. Moh. Tholhah, S.Ag, Ustadz Drs. Khudlori H.F, M.Pd.I (Ketua Mabigus), Ustadz Moh. Thohir, S.Sos.I, M.Pd.I (Wakil Ketua Mabigus), dan Ustadz M. Wahib, SH (Anggota Mabigus). Hujan gerimis mengguyur acara malam Unggun Gembira, namun demikian  tidak menjadi halangan berarti untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Pada Jumat (19/1) pagi, kegiatan Perkajum dilanjutkan dengan hiking jelajah alam yang berlokasi di Gunung Beruk Kec. Jambon Kab. Ponorogo yang diikuti oleh seluruh peserta dan Kakak Pembina. Keberangkatan dimulai setelah pembongkaran tenda pada pukul 06.00 WIB dengan menggunakan truk. Setelah sampai di lokasi, para peserta disuguhkan dengan merbagai macam permainan keakraban seperti, panjat pohon, tebak kata, mencari benda, dll. untuk memupuk kebersamaan para santri.

Harapan diadakan acara perkajum dan hiking khusus santri baru adalah untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, mengasah kemampuan kerjasama tim, menambah pengetahuan dan pengalaman. (Frans)