SIAP, UPAYA REALISASIKAN VISI NGABAR 2020

 2018-01-22 12:15


SIAP, UPAYA REALISASIKAN VISI NGABAR 2020

Pondok Ngabar- Manajemen pendidikan pesantren merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk memperbaiki kualitas pendidikan, baik yang bersifat akademik maupun penunjang akademik/ ekstrakurikuler. Perhatian terhadap manajemen pesantren ini juga menjadi prioritas Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar) untuk mencapai visi 2020 Pondok Ngabar dengan membuat Sistem Informasi Administrasi Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (SIAP) yang telah launching pada Kamis (18/1) di Aula NBC oleh Pimpinan Pondok, Direktur Tarbiyatul Mu’allimin/ Mu’allimat al-Islamiyyah (TMI/TMt-I), Ketua Majelis Pembimbing Santri (MPS) Putra dan Putri, dan dihadiri oleh seluruh guru TA al-Manar, MI Mamba'ul Huda, TMI dan TMt-I.

SIAP merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi mengolah data santri, guru, alumni, kegiatan pembelajaran, jadwal pelajaran, nilai akademik, nilai penunjang akademik/ ekstrakurikuler, pelanggaran, perizinan, prestasi santri, pendaftaran santri baru, print rapor akademik, print rapor penunjang akademik, dll.

Aplikasi ini memungkinkan wali santri untuk mengetahui informasi terkini putra/ putrinya di Pondok Ngabar yang terdiri dari informasi aktivitas dan nilai sekolah, aktivitas dan nilai organisasi ekstrakurikuler, prestasi, perizinan, pelanggaran, dan jadwal pelajaran melalui portal santri yang telah disediakan.

Selain itu, SIAP juga memungkinkan para guru untuk memantau kondisi dan prestasi tiap santri yang menjadi tanggungjawabnya di materi atau pelajaran yang telah ditetapkan, serta dapat menginputkan nilai secara mandiri.

Ketua Yayasan Pemeliharaan dan Pengembangan Wakaf (YPPW-PPWS), Ustadz Mohammad Zaki Su’aidi, Lc, M.PI menyampaikan bahwa pembuatan SIAP ini merupakan upaya membangun Ngabar dan investasi masa depan. ”Ngabar ini akan kita jalankan bukan dengan apa adanya. Kita bangun Ngabar untuk masa depan. Apa yang kita lakukan hari ini adalah untuk masa depan Ngabar 10-20 tahun yang akan datang”, Ujar beliau sembari memaparkan Visi Ngabar 2020.

Ustadz KH. Heru Saiful Anwar, MA menyampaikan bahwa selain upaya menertibkan administrasi, SIAP juga diikhtiarkan sebagai wahana mendidik para santri sesuai dengan zamannya. “Anak-anak kita adalah kita didik untuk masanya. Jadi kalau masa kita ini adalah masa android, mungkin saat anak-anak terjun di masyarakat mungkin akan lebih dari itu. Maka kita siapkan segalanya berupa aktivitas fikir, aktivitas fisik, dan aktivitas ubudiyah yang tidak lepas selalu kita jalankan”, Ujar Beliau.

Dalam kesempatan ini, Ustadz KH. Moh. Ihsan M.Ag menyampaikan rasa syukur dan harapan yang tinggi dengan adanya SIAP. Beliau berharap semoga dapat mengantarkan Ngabar menjadi pesantren yang unggul di Indonesia. “Alhamdulillah saat ini kita sudah memiliki Sistem Informasi Administrasi Pesantren yang canggih, bahkan sudah online sekarang. Dengan Sistem Informasi Administrasi Pesantren yang canggih ini mendukung kita untuk menjadi pesantren yang terdepan di negara kita ini, InshaAllah”, ujar Beliau berharap. (Amir)