Tasyakuran 1 Tahun Renovasi Masjid

 2018-01-07 15:00


Tasyakuran 1 Tahun Renovasi Masjid

Pondok Ngabar- Bulan Desember memiliki arti khusus bagi Masjid Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar). Bulan tersebut merupakan awal pembongkaran masjid pondok, tepatnya pada 2 Desember 2016 silam. Dan kini, Desember 2017, Pondok Ngabar mengadakan tasyakuran 1 tahun renovasi masjid.

Acara tasyakuran diadakan pada Sabtu (23/12) malam diawali dengan mendirikan sholat Isya’ dan qiyam al-lail berjamaah di masjid baru diimami oleh Ustadz Muhammad Shodiq Zaki Mubarok, direktur PPTQ Ahmad Dahlan Ponorogo. Acara yang dihadiri oleh wakil Bupati Ponorogo, Bapak Drs. Sudjarno ini juga dihadiri oleh pimpinan pondok pesantren se-Kab. Ponorogo, tokoh masyarakat, dan warga setempat.

Ustadz H. Mohammad Zaki Su’aidi, M.PI selaku ketua Panitia Renovasi Masjid menyampaikan bahwa renovasi masjid pondok bukan semata-mata renovasi fisik, namun lebih dari itu, diharapkan terjadi peningkatan spiritualitas yang lebih baik.  “Pembangunan ini bukan sekedar pembangunan fisik, Kami berharap nantinya kelak pembangunan ini menghasilkan pembangunan-pembangunan yang sifatnya spiritual”, terang Beliau.

Di samping itu, Ustadz Zaki juga melaporkan bahwa renovasi masjid dalam perjalanannya selama satu tahun telah mencapai 82% dan menelan dana 4,1 Miliar yang bersumber dari dana pondok sebesar 2,1 Miliar dan dana wakaf sebesar 2 Miliar.

Dalam rangka menjadikan masjid sebagai pusat keilmuan dan peradaban, masjid Pondok Ngabar akan dilengkapi dengan perpustakaan induk Bait al-Hikmah, studio radio dan televisi, sehingga syiar Islam dapat menyebar dengan cepat dan luas. “Masih banyak yang harus diselesaikan dalam proyek ini. Intinya, atas pembangunan masjid ini, Kami menginginkan agar masjid ini kelak menjadi pusat peradaban dari Pondok Ngabar”, lanjut Beliau.

Pimpinan Pondok, Ustadz KH. Heru Saiful Anwar, M.A berharap semoga pembangunan masjid ini semakin memberkahi Pondok Ngabar. “Mudah-mudahan dengan jadinya masjid, keberkahan yang ada untuk pondok kita semakin besar dan semakin baik”, pungkas Beliau.

Wakil Bupati Ponorogo, Bapak Drs. Sudjarno berharap agar masjid Pondok Ngabar yang hampir selesai ini dapat berfungsi dengan baik untuk berbagai kegiatan pesantren. “Dengan dibangunnya masjid ini yang telah berjalan selama satu tahun dan sudah bisa difungsikan, semoga bisa segera bisa diselesaikan dan berfungsi untuk kegiatan sholat berjamaah dan kegiatan-kegiatan lain di pondok ini dengan sebaik-baiknya dan semakin makmur tentunya”, ujarnya.

Lebih lanjut, Beliau berharap masjid dapat diselesaikan dengan lancar dan tepat waktu sesuai target panitia, yakni pada April mendatang. “Mudah-mudahan sesuai dengan rencana pada April yang akan datang seluruhnya sudah tuntas tepat pada milad ke 57 Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar”, lanjutnya.

Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz KH. Syamsul Hadi Abdan, pimpinan pondok Modern Gontor dan dilanjutkan dengan ramah tamah seluruh tamu undangan dan masyarakat. (Amir)

Video Singkat 1 Tahun Renovasi Masjid dapat dilihat di video 1 dan di video 2