Pengenalan TOEFL dan TOAFL

 2017-12-12 17:22


Pengenalan TOEFL dan TOAFL

Pondok Ngabar - TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) dan TOAFL (Test Of Arabic as a Foreign Language) merupakan acara yang di selenggarakan oleh Language Advisory Council (LAC) yang berada di bawah naungan Majelis Pembimbing Santri (MPS) Putri. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan test Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dengan standar Internasional serta untuk mengukur seberapa jauh dalam kemampuan para asatidzah dan santri kelas VI dalam listening comprehension, structure and written expression, vocabulary and reading comprehension (untuk TOEFL), Sedangkan TOAFL untuk mengukur maharotul sima’, maharotul khitobah, nahwu dan shorof (qowaidul lughoh).

Untuk itu kami mendatangkan pemateri dari IAIN Ponorogo yaitu Ibu Prilla Rahmawati, M. Pd. Beliau salah satu dosen yang berkompeten dan berpengalaman dalam bidang Bahasa Inggris.

Acara TOEFL berlangsung  pada hari Kamis, (26/10) di Aula gedung Al- Azhar kampus putra. Pada kegiatan seminar ini para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, dan setelah di sampaikan materi Ibu Prilla juga memberikan contoh-contoh soal yang di kerjakan untuk para peserta serta cara mendapatkan skor tinggi dan di akhiri dengan sesi Tanya jawab.

Dalam hal ini hal yang terpenting adalah para asatidzah dan santri kelas VI tidak asing dalam dengan test semacam TOEFL, dengan harapan para asatidzah dan santri kelas VI dapat meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sedangkan acara TOAFL berlangsung pada hari Jum’at, (6/11) di Gedung NBC lt. 3 yang di isi oleh Ustadz. Muhammad Mushlihin dari Al- Azhar Pare.

Dalam pelatihan ini hal yang menarik adalah bagaimana para asatidzah dan santri kelas VI dapat langsung praktek dalam sima’ (mendengarkan percakapan dalam bahasa Arab) dan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kaidah-kaidah bahasa Arab (nahwu dan shorof), sehingga para asatidzah dan santri kelas VI terlatih untuk memakai struktur bahasa Arab yang baik dalam pendengaran maupun tulisan.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini dengan melontarkan beberapa pertanyaan yang di berikan kepada pemateri. (Zulfa Amalia)