LAC Ikuti Workshop Bahasa Arab di UIN Malang

 2017-11-02 13:55


LAC Ikuti Workshop Bahasa Arab di UIN Malang

Pondok Ngabar-Tim LAC (Language Advisory Council) yang berada di bawah naungan Majelis Pembimbing Santri (MPS) terus berupaya dalam peningkatan bahasa, khususnya Bahasa Arab.

Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar mengutus 4 orang guru Tim Language Advisory Council (LAC) yang terdiri dari Ustadz M. Ikhsanuddin, Ustadz Budi Setiawan, Ustadzah Elok Nourma Dewi, S.Th.I, dan Ustadzah Ayu Leni Marlina untuk mengikuti Workshop Peningkatan Kompetensi Bahasa Arab Bagi Pengajar Pondok Pesantren di UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang pada Sabtu (28/10) di Aula lt. 3 Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang.

Acara yang diadakan oleh Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) bekerjasama dengan Rabithah Ma'had Al-Islamiyah (RMI) kota Malang ini berusaha memberikan bekal kepada pengajar Bahasa Arab di pesantren dengan metode terkini.

Acara dimulai dengan pembukaan secara resmi oleh Ketua Prodi BSA dan Ketua RMI kota Malang, dan dilanjutkan dengan pelatihan oleh para pemateri yang terdiri dari Dr. Halimi Zuhdy, KH. Ahmad Shampton, M.HI, Dr. Faisol, Dr. Muassomah, Arif Mustofa, M.Pd, Moh Zawawi, M.Pd, Khafid Roziki, M.Pd, Arief Rahman, M.Pd, dan Nor Qomari, M.Pd.

Terdapat tiga hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran dan pengembangan bahasa Arab, yaitu: Penciptan lingkungan berbahasa (bi’ah lughowiyah), Pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan kreatif, serta pembelajaran berbasis media.

Usai pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan diskusi ringan. Para peserta diberi kesempatan untuk menceritakan dan bertanya kepada pemateri terkait kendala pembelajaran bahasa Arab di masing-masing lembaga mengajarnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran bahasa arab yang merupakan salah satu bahasa wajib di Pondok Ngabar. (Zulfa)