LAC Tingkatkan Kualitas LIS

 2017-11-02 14:01


LAC Tingkatkan Kualitas LIS

Pondok Ngabar- Dewan guru Language Advisory Council (LAC) Mengadakan Taujihat Ilqoi Mufrodat atau pengarahan tata cara penyampaian kosakata untuk 23 Pengurus bahasa Language Improvement Section (LIS) yang akan dilantik pada Kamis (12/10) guna menambah wawasan bagi pengurus LIS tentang bagaimana cara menyampaikan kosakata bahasa Arab dan Inggris dengan baik dan benar.

Acara ini dilaksanakan selama dua hari, pada hari Ahad (01/10) sampai Senin (02/10) bertempat di Ruang Auditorium Al-Azhar. Ustadz H. Said Abadi, Lc. MA yang menerangkan tata cara menyampaikan mufrodat dalam Bahasa Arab dan Ustadz Drs. Imron Rosyidi, M.SI  yang memaparkan tentang tata cara penyampaian mufrodat dalam Bahasa Inggris.

Dalam acara ini Ustadz H. Said Abadi, Lc. MA menyampaikan kepada anggota LIS untuk selalu menyampaikan mufrodat dengan baik dan benar, lain dari pada itu juga perlu adanya strategi agar santri tidak bosan dan selalu bersemangat dalam mengikuti kegiatan pemberian kosakata. Penggunakan Alat Peraga ketika menyampaikan kosakata akan lebih mudah bagi santri untuk memahaman dengan baik, cepat dan benar.

Dalam bidang bahasa Inggris, Ustadz Drs. Imron Rosyidi, M.SI langsung mempraktekan bagaimana cara penyampaian kosakata Bahasa Inggris yang baik dan benar. Beliau juga menghimbau untuk setiap pertemuan menyampaikan lebih dari 2 kosakata serta diulang-ulang. Terkait materinya, beliau memberikan saran agar pengurus LIS memberikan kosakata berbeda dengan yang ada di dalam kelas, khususnya santri baru. Sehingga dapat memperkaya perbendaharaan kata para santri.

Berdasarkan pengarahan ini, tidak ada perbedaan metode yang mendasar, hanya saja Perbedaan dalam penyampaian kosakata antara Bahasa Arab dengan Inggris adalah pemahaman dalam pelafadzan ejaan bahasa Inggris yang berbeda dengan ejaan Indonesia menjadikan para santri harus mengetahui bunyi ejaan huruf terlebih dahulu

Dengan adanya pengarahan ini semoga bisa menambah kemajuan serta kualitas pengembangan dan penggunaan bahasa Arab dan Inggris di Pondok Ngabar. Al-Amin