Regenerasi Kepengurusan OSWAS

 2017-11-02 13:54


Regenerasi Kepengurusan OSWAS

Pondok Ngabar- Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar) mengadakan pelantikan dan pergantian pengurus Organisasi Santri Wali Songo (OSWAS) Putra pada Kamis (19/10) pagi, tepat pukul 9.30 WIB pada istirahat pertama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Tarbiyatul Mu’allimin al-Islamiyyah (TMI).

Acara pelantikan pengurus OSWAS periode 2017-2018 ini dilaksanakan di gedung Auditorium Pondok Ngabar dan dihadiri oleh Pimpinan Pondok, Ustadz KH. Moh. Ihsan, M.Ag, Ustadz KH. Moh. Tholhah, S.Ag, Direktur dan Wakil Direktur TMI, Ustadz H. Said Abadi, Lc, M.A dan Ustadz Marjuni, M.Pd.I, Ketua dan Wakil Ketua Majelis Pembimbing Santri (MPS) Putra, Ustadz Hady Saptono, S.Ag, Ustadz Muh. Thohir, M.Pd.I, dan Ustadz Ihwanudin, S.Pd.I, Wakil Ketua Yayasan Pemeliharaan dan Pengembangan Wakaf (YPPW-PPWS), Ustadz Drs. Imron Rosyidi, M.S.I, jajaran dewan guru, dan seluruh santri TMI.

Acara diawali dengan pelantikan pengurus OSWAS periode 2017-2018 yang dipandu oleh Ustadz Drs. Imron Rosyidi, M.SI, dan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah serah terima amanat dari OSWAS periode 2016-2017 oleh Akh Muhammad Sazali Noor, selaku ketua kepada OSWAS periode 2017-2018 yang diwakili oleh ketua OSWAS baru, Akh Yushfi Nidaul Khairi dengan disaksikan oleh Wakil Direktur TMI, Ustadz Marjuni, M.Pd.I.

Selain melantik 51 pengurus OSWAS Putra, MPS Putra juga melantik 66 pengurus kamar dan 40 pengurus unit usaha. Sehingga seluruh santri kelas V TMI mendapat amanah dan tugas kepengurusan berdasarkan porsinya masing-masing.

Acara pelantikan OSWAS Putri diadakan pada hari yang sama, Kamis (19/10) pukul 20.00 WIB di gedung Auditorium, dihadiri oleh Pimpinan Pondok, Direktur dan Wakil Direktur Tarbiyatul Mu’allimat al-Islamiyyah (TMt-I), Ketua MPS Putri, jajaran dewan guru, dan santri putri.

MPS Putri melantik 135 pengurus dari santri kelas V ang terdiri dari 32 pengurus OSWAS Putri dan 103 pengurus kamar.

Estafet kepengurusan yang dilanjutkan oleh kader- kader baru ini diharapkan mampu menciptakan inovasi- inovasi baru dan lebih baik. Dengan modal semangat dan optimisme. Ukhti Reza Umami selaku ketua umum periode 2017-2018 menyampaikan dalam sambutanya, bahwa OSWAS pada periode ini memiliki fokus utama yaitu dalam hal ibadah, kesadaran akan kebersihan ligkungan, dan pemakaian dua bahasa (Arabic and English).

Dalam sambutanya, Ayahanda Ustadz KH. Heru Saiful Anwar, MA berpesan bahwa kepengurusan OSWAS merupakan amanah yang harus diemban dengan penuh rasa tanggungjawab sebagai sarana pendidikan. “OSWAS merupakan ajang untuk latihan dan bertanggungjawab pada bagian masing- masing sesuai dengan kesungguhan kalian, karena apa yang kamu lihat, yang kamu kamu dengar, dan rasakan adalah pendidikan, selamat dan sukses!”, tegas Beliau.

Selain pergantian pengurus OSWAS putra dan putri, Pengurus Konsulat Ponorogo yang merupakan santri yang berdomisilli non asrama juga mengadakan acara pelantikan dan pergantian pengurus yang berlangsung pada Rabu (18/10) Malam untuk pengurus putra dan Senin (23/10) untuk pengurus putri di gedung NBC (Ngabar Buisness Center) lt. 3. Hadir dalam acara ini Ayahanda Pimpinan Pondok Ustadz KH. Moh. Tholhah, S.Ag, Ketua Majelis Pembimbing Santri (MPS), Jajaran dewan guru, dan seluruh anggota Konsulat Ponorogo.

Dalam sambutanya, Ustadz KH. Moh. Tholhah, S. Ag menyampaikan pesan dan nasehat singkat kepada Pengurus baru agar tetap menjaga tradisi-tradisi yang sudah berjalan dengan baik dengan tetap melakukan berbagai inovasi baru yang lebih baik. “Al- Muhafadhotu ‘ala al-qodimi as-sholih, wa al-akhdzu bi al-jadidi al-aslahi“, ujar beliau mengutip salah satu kalimat dari buku qoidah Ushul Fiqih.

Di akhir sambutan, beliau memberi ucapan selamat dan sukses dalam menjalankan amanah ini. (Ulfi, Zulfa, Amir)