Persiapkan Regenerasi OSWAS dengan LDK & MA

 2017-11-02 13:52


Persiapkan Regenerasi OSWAS dengan LDK & MA

Pondok Ngabar- Latihan Kepemimpinan Dasar (LDK) adalah kegiatan yang harus diikuti oleh seluruh pengurus rayon kelas V sebagai salah satu bekal untuk menuju jenjang kepengurusan selanjutnya, yakni Organisasi Santri Wali Songo (OSWAS) Putri dan menentukan siapa yang akan menjadi bagian pengurus OSWAS Putri di periode mendatang. Sehingga tidak heran jika kegiatan ini disambut antusias oleh segenap keluarga Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar).

Kegiatan OSWAS yang bertemakan “Together, We Achieve More (TEAM)  ini berlangsung di gedung Ngabar Business Center (NBC) lantai III selama 9 hari, dari Jum’at (6/10) hingga Sabtu (14/10). Kegiatan ini diisi oleh beberapa tutor utama, yaitu Ustadzah Rahmah Maulidia, M.Ag (Leadership), Ustadzah Atina Hasanah, S.Pd.I (Tata Cara Bersidang), Ustadzah Tri Wahyu Anggoro, S.T (Teknik Berdiskusi), Ustadzah Tyas Ayu Arini (TOR dan Project Proposal), Al-Ukht Nur Khasanah (Kursus Kesekretariatan), Al-Ukht Nafilatul Laili (Kebendaharaan), Ustadz Agus Hamid Hamdani, A.Md (Public Speaking), Ustadz Said Abadi, Lc, M.A (Management Konflik) dan Ustadzah Hidayatul Munawaroh (Motivasi Organisasi).

Acara dilanjutkan dengan Musyawarah Anggota (MA), yaitu persidangan yang meliputi  sidang pleno, sidang komisi dan sidang paripurna membahas Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) OSWAS. Kegiatan LDK dan MA ditutup dengan pembacaan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) OSWAS Putri periode 2016-2017 pada Sabtu (14/10).

Pimpinan Pondok Ngabar, Ustadz KH.Moh.Ihsan, M.Ag, dalam acara penutupan memberikan penegasan tentang pentingnya seorang perempuan untuk membekali diri dengan kepemimpinan. “Kodrat wanita bukan untuk memimpin. Tapi wanita tidak boleh buta akan ilmu kepemimpinan. Karena wanita adalah pendamping pemimpin. Seperti halnya Ibunda Khodijah radhiyallahu ‘anha”, ujar Beliau.

Sementara itu, LDK & MA juga diadakan oleh OSWAS Putra pada Jum’at (6/10) hingga Selasa (10/10) untuk LDK, dan Jum’at (13/10) hingga Senin (16/10) untuk MA. Pembukaan yang diadakan pada Jum’at (6/10) ini dihadiri oleh Pimpinan Pondok, Ustadz KH. Drs. Moh. Ihsan, M.Ag dan Ustadz KH. Moh Tholhah, S.Ag, Ketua MPS Putra, Ustadz Hady Saptono, S.Ag, Direktur Tabiyatul Mu’allimin al-Islamiyyah (TMI), Ustadz H. Said Abadi, Lc., MA, Wakil Ketua Yayasan Pengembangan dan Pemeliharaan Wakaf (YPPW-PPWS) Ustadz Drs. Imron Rosyidi, M.SI dan jajaran dewan guru MPS Putra.

Selain menelaah kembali AD-ART OSWAS dan menentukan program kerja, dalam MA juga ditentukan enam kandidat ketua OSWAS, yaitu Yusfi Nidaul Khoiri, Ihlasul Amal, Fikri Zulfikar, Riky Syaputra, Rachmat Andrian, dan Abdurrohim Maulana. (Nur Khasanah, Romdoni)