Pondok Ngabar Adakan KMD untuk Calon Pembina

 2017-11-01 12:13


Pondok Ngabar Adakan KMD untuk Calon Pembina

Pondok Ngabar. Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar) mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang merupakan suatu agenda tahunan di bidang  kepramukaan  untuk melatih para calon pembina pramuka agar menjadi pembina yang berani, berkarakter dan bertanggung jawab, yang taat dan patuh terhadap kode kehormatan.

Kegiatan ini diadakan selama 13 hari, yaitu dimulai pada Rabu (22/9) hingga Kamis (30/9) untuk santri putri dan Rabu (27/9) hingga Rabu (4/10) untuk santri putra. Kegiatan yang dilaksanakan di area Pondok Ngabar dan bumi perkemahan Wates ini diikuti oleh 141 peserta putri, 17 diantaranya dari Pondok al-Kautsar Bogor, dan 182 peserta putra, 7 di antaranya dari Pondok al-Kautsar Bogor.

Pada tahun ini KMD telah menggunakan dua penjurusan, yaitu Mahir Penggalang dan Mahir Penegak. Penjurusan ini bertujuan agar setiap peserta dapat lebih fokus dan menguasai materi secara utuh berdasarkan jurusan yang dipilih.

Dalam mengikuti kursus para peserta dikelompokkan menjadi kelompok kecil yang terdiri dari 10 hingga 12 orang untuk melatih skill kerjasama tim dan kekompakan. (Zulfa)