Oswas Putri Gelar Pelatihan MC bagi Santriwati

 2017-10-12 00:01


Oswas Putri Gelar Pelatihan MC bagi Santriwati

Pondok Ngabar. Jum'at, (8/9) Majelis Pembimbing Santri (MPS) Putri mengadakan acara Pelatihan MC (Master of Ceremony) yang berlangsung di auditorium gedung Ngabar Bussiness Center atau dikenal dengan NBC. Acara ini diperuntukkan bagi santri yang tergabung dalam kelompok Jami'atul Muballigoh Al- Islamiyah (JMI) untuk memberi wawasan dan ajang untuk melatih mental santri dalam membawakan sebuah acara. Acara tahunan ini juga dihadiri oleh seluruh Ustadzah Majelis Pembimbing Santri (MPS) Putri dan pengurus Organisasi Santri Wali Songo (OSWAS) Putri.

Pelatihan ini diisi oleh Ibu Ersa Cipta Ningrum, S.Pd, beliau adalah MC yang sering mendapat amanah untuk memandu acara-acara kabupaten Ponorogo.

Ibu yang berasal dari desa Jabung, Ponorogo ini menyampaikan tentang peran penting seorang Master of Ceremony atau Pembawa Acara, karena tugasnya tidak hanya membawakan acara bahkan lebih dari itu bertugas sebagai pengendali dalam membawakan runtutan acara agar berjalan dengan baik, benar, dan berkesan.

“Kemampuanya akan sangat menentukan kelancaran dan keberhasilan sebuah acara. Oleh karena itu seorang MC harus benar-benar menguasai seluruh aspek”, ujarnya.

Beberapa aspek penting yang harus dikuasai seorang MC menurutnya, Pertama, persiapan saat menjadi MC yaitu rilex, know the audience, know the material (kuasai bahan acara yang akan dibawakan), susunan pointer (Susunan acara), tampil percaya diri, dan be yourself. Kedua, teknik vocal saat membawakan acara yaitu volume, intonasi, aksentuasi, penjedaan, dan artikulasi. Menurutnya seorang MC harus cerdik untuk mengatur kapan harus berintonasi agak tinggi, rendah, hingga tinggi kembali. (Zulfa Amalia)