‘Ibrah dalam Idul Adha

 2017-10-11 23:43


‘Ibrah dalam Idul Adha

Pondok Ngabar. Jum’at (1/9), lantunan takbir bergema dari lapangan Pondok Pesnatren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar) memanggil jamaah agar bersegera menuju lapangan untuk melaksanakan shalat ‘Idul Adha. Bertindak sebagai imam Pada ‘Idul Adha kali ini adalah Ustadz KH. Moh. Tholhah, S.Ag., dan Ustadz Drs. KH. Moh. Ihsan, MA sebagai khotib, adapun bilal adalah ust. H. Shobari, S.Sos.I dan beberapa santri kelas 6 dari Pengurus Bagian Penerangan OSWAS

Dalam khutbahnya, Ustadz KH. Moh. Ihsan, M.Ag menyampaikan, setidaknya ada dua pelajaran berharga yang dapat diambil dari ‘Idul Adha,  yaitu ibadah haji dan ibadah qurban. Pertama, pada saat haji seluruh ummat Islam bersatu tanpa memandang ras, suku, golongan, bangsa, dan keturunan. Semuanya memanjatkan doa di depan ka’bah dengan pakaian yang sama. Tidak ada yang saling menyakiti, menghujat, mencela, dll. Persatuan yang diajarkan dalam ibadah haji ini jika dipegang teguh oleh ummat Islam, niscaya akan membawa Islam pada puncak kejayaan.

Kedua, ketaatan dan ketakwaan keluarga Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT. Dimulai dari ketaqwaan Siti Hajar saat ditempatkan di sebuah gurun pasir tandus bersama bayinya yang bernama Isma’il atas perintah Allah, hingga ketaatan Ibrahim untuk menyembelih Ismail yang akhirnya diganti dengan hewan qurban oleh Allah SWT dan menjadi awal mula disyariatkannya ibadah qurban.

Selain itu, ibadah qurban juga mengajarkan ummat Islam untuk berbagi kepada sesama dan tidak kikir. Karena harta kita yang sesungguhnya adalah apa yang kita nafkahkan pada jalan kebaikan, bukan harta yang kita simpan. Semakin ringan kita membantu sesama dengan harta dan kekuatan kita, maka semakin ringan pula pertanggungjawaban kita kelak di hari kiamat.

Pada ‘Idul  adha tahun ini, jumlah hewan qurban di Pondok Ngabar berjumlah 28 hewan qurban yang terdiri dari 5 ekor sapi dan 23 ekor kambing. Seluruh hewan tersebut bersumber dari keluarga pondok, guru, santri, yayasan pendidikan, dan masyarakat sekitar. (Fran, Amir)