Rangkaian Kegiatan Khutbatul Iftitah 2017

 2017-09-06 21:25


Rangkaian Kegiatan Khutbatul Iftitah 2017

Pondok Ngabar. Khutbatul Iftitah merupakan acara tahunan yang digelar di Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar sebagai ajang pengenalan pondok kepada seluruh elemen yang terlibat dengan kegiatan pondok, khususnya para santri dan guru-guru dari tingkat Taman Kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tiap awal tahun ajaran ini selalu menarik perhatian, sehingga seluruh keluarga besar Pondok Ngabar sangat antusias dalam mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan.

Kegiatan yang mengangkat tema “Ngabar Bangkit, Ngabar Revives” ini dimulai dengan pembukaan yang dilaksanakan di Lapangan Pondok Ngabar pada Jum’at, 21 Juli 2017, diikuti oleh seluruh santri dan guru. Acara dibuka secara simbolis oleh KH. Heru Saiful Anwar, M.A, dilanjutkan dengan pengambilan undian nomor urut kirab budaya.

Suasana Khutbatul Iftitah semakin semarak dengan adanya berbagai perlombaan antar konsulat, kelas, dan rayon pada Sabtu-Rabu, 22-26 Juli 2017. Berbagai perlombaan tersebut merupakan media yang diciptakan untuk menanamkan sikap sportif dan menumbuhkan kreativitas dalam diri santri. Selain itu, diharapkan interaksi antar santri dalam lingkup kelas, rayon, dan konsulat semakin erat.

Acara dilanjutkan dengan Apel Tahunan dan Lomba Kirab Budaya antar konsulat dengan memakai pakaian adat masing-masing daerah yang dilaksanakan pada Sabu, 29 Juli 2017, dengan rute start pondok Ngabar, petigaan Pandanderek, perempatan Jetis, perempatan Jabung, dan garis finish depan masjid Pondok Ngabar.

Setelah selesai seluruh rentetan kegiatan perlombaan santri, kegiatan dilanjutkan dengan acara inti yaitu Kuliah Umum Khutbatul Iftitah yang dilaksanakan pada Ahad-Selasa, 30 Juli-1 Agustus 2017. Kuliah umum disampaikan oleh Pimpinan Pondok dan beberapa Asatidz senior yang diberi amanat oleh Pimpinan Pondok untuk menyampaikan materi kuliah umum, antara lain tentang kepondokpesantrenan, ide dan cita-cita pendiri, ikrar wakaf, pancajiwa, arah dan tujuan pendidikan, filsafat perjuangan, administrasi pondok, perkenalan lembaga-lembaga pondok, dll.

Acara tersebut dilaksanakan secara terpisah antara santri putra dengan santri putri. Untuk santri putra dilaksanakan di auditorium putra, sedangkan untuk santri putri di halaman gedung Nusantara (komplek pondok putri).

Setelah kuliah umum, dilaksanakan pendalaman materi bersama wali kelas masing-masing pada Rabu, 2 Agustus 2017, dan dilanjutkan dengan ujian materi Khutbatul Iftitah pada Kamis, 3 Agustus 2017.

Khutbatul Ifititah 2017 ditutup pada kamis malam (3/8) dengan pembagian hadiah perlombaan. Tercatat sebagai juara umum perlombaan tahun ini adalah Konsulat Jawa Timur dari santri putra, dan konsulat Ponorogo dari santri Putri.

Seluruh kegiatan pekan perkenalan dan Khutbatul Iftitah berjalan dengan lancar sejak awal dibuka hingga akhir acara. Semoga kegiatan pekan perkenalan dan Khutbatul Iftitah dapat diambil ilmu dan manfaatnya oleh seluruh Santri dan Guru Pondok Ngabar. (Fran Aldino)