Manasik Haji, Bekal Masa Depan

 2017-08-31 06:56


Manasik Haji, Bekal Masa Depan

Ngabar News. Haji merupakan rukun Islam yang wajib dikerjakan bagi setiap Muslim yang mampu mengerjakannya. Bukan  hannya dilihat dari kemampuan materiil saja, namun kemampuan ilmu perlu diperhatikan. Kemampuan ilmu untuk ber-haji dapat dipelajari melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan manasik haji. Manasik haji adalah wadah dimana para calon jamaah haji berlatih tata cara menunaikan rukun, syarat wajib, sunah dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama beribadah haji.

 Sebagai media pendidikan dan bekal dimasa yang akan datang, maka pondok ngabar mengadakan manasik haji disetiap tahunnya. Kegiatan manasik haji merupakan  kegiatan sunah pesantren yang wajib diikuti oleh seluruh santri kelas 5 Tarbiyatul Mu’allimin al-Islamiyyah (TMI) dan Tarbiyatul Mu’allimat Al-Islamiyyah (TMt-I).

Tahun ini rangkaian kegiatan manasik haji dilaksanakan pada Jum’at-Rabu (25-30/8), diikuti oleh 177 santri TMI dan 129 santri TMt-I serta 29 Santri putra dan 30 santri putri kelas 6 MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyyah.

Rangakaian kegiatan manasik haji ini diawali dengan pembukaan yang diadakan secara bersamaan antara peserta TMI dan TMt-I pada jumat pagi (25/8) yang bertempat di gedung Ngabar Business Center (NBC) Lt. 3. Pada acara pembukaan tersebut turut hadir Ayahanda Pimpinan Pondok Ust. KH. Moh. Tholhah, S.Ag., Ust. KH. Moh. Ihsan, M.Ag. dan Direktur TMI, Ust. H. Said Abadi, Lc., M.A.

Adapun pemberian materi manasik haji diadakan pada Jum’at-Ahad (25-27/8) pada pukul 14.30-16.15 WIB untuk sesi siang dan 20.00-21.30 WIB untuk sesi malam. Pelaksanaan pemberian materi Peserta TMI bertempat di gedung auditorium Al-Azhar. Sedangkan peserta TMt-I bertempat di gedung NBC Lt. 3. Dan Pada senin siang (28/8) panitia mengadakan ujian dari materi yang telah disampaikan.

Praktik manasik haji dilaksanakan dengan berbeda waktu. Sesi putri dilaksanakan pada selasa (29/8). Sedangkan sesi putra dilaksanakan pada rabu (30/8), keduanya bertempat di lapangan hijau Pondok Ngabar.

Semoga dengan diadakannya manasik haji ini dapat menambah wawasan dan ilmu bagi para santri serta mampu mempraktikkannya di masa yang akan datang. (Lutfi Muaz)