Latihan Public Speaking Yuk..!

 2017-08-30 07:01


Latihan Public Speaking Yuk..!

Ngabar News. Ahad (21/8), salah satu bagian dari Bagian Pengajaran Organisasi Santri Wali Songo (OSWAS) Putri yang bergerak di bidang public speaking, Jami’atul Muballigoh Al- Islamiyah (JMI) menggelar acara pelatihan Public Speaking. Acara berlangsung di halaman Nusantara Kampus Putri. Turut hadir Ibu Pimpinan Pondok, Ketua Majelis Pembimbing Santri Putri (MPS-Pi), Jajaran dewan guru, dan Seluruh santri kelas I-V.

Dalam sambutannya, Ketua MPS-Pi Ustadzah. Hj. Rahmah Maulidia, M.Ag menekankan tentang pentingnya latihan public speaking (muhadhoroh) sebagai salah satu kegiatan sunnah di Pondok. “Muhadhoroh termasuk kegiatan sunnah Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar yang harus diikuti oleh seluruh santri”, ungkap Ustadzah Rahmah.

Maka menjadi seorang Da’i harus memiliki tekhnik, di antaranya fashohah/kelancaran artikulasi, voice yaitu teknik bagaimana memegang mix, tone yaitu mengatur tinggi dan rendahnya suara, konteks sebagai public speaker harus tahu konteksnya dia sedang berbicara di depan apa dan siapa, tidak boleh tergesa-gesa dan mengatur gaya bicara (speed), history yaitu memasukan kata mutiara dan topik sejarah, mengatasi nervous dan memilih penggolahan kata yang baik.

Tujuan diadakan acara ini adalah sebagai ajang melatih mental santri, melatih santri untuk berbicara di depan umum, dan sebagai motivasi agar lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan muhadhorohZulfa Amalia