English Seminar Bersama Mr. Muhammad Jaz Cooper

 2017-08-04 09:36


English Seminar Bersama Mr. Muhammad Jaz Cooper

Pondok Ngabar senantiasa berusahan melakukan peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) melalui berbagai kegiatan, sebagaimana yang dilakukan oleh Language Advisory Council (LAC) yang mengadakan yang English Seminar bersama Mr. Muhammad Jaz Cooper yang berkebangsaan Australia.

Acara ini berlangsung pada hari Kamis (27/7/2017), pukul 11.00 - 13.30 WIB di Gedung pertemuan NBC (Ngabar Buissnes Center) lt. 3. Turut hadir Ayahanda Pimpinan Pondok, Direktorat TMI/TMt-I, Majelis Pembimbing Santri (MPS), dan seluruh jajaran dewan guru yang berdomisili di dalam kampus, serta seluruh pengajar bahasa Inggris di TMI dan TMt-I.

Acara yang bertemakan “How to Speak English easily and How to Motivate the student to speak Englishini dipandu oleh Ustadz H. Mohammad Zaki Su’aidi, Lc. GDIS, M.PI yang merupakan alumni University of New England NSW Australia.

Mr. Jaz menjelaskan tentang pentingnya bahasa Inggris dalam dunia pendidikan dan era globalisasi. Baginya, bahasa Inggris adalah bahasa yang mudah, bahkan lebih mudah dari bahasa Arab karena tidak perlu menghafalkan kaidah sebanyak bahasa Arab yang tertuang dalam ilmu shorof dan nahwu. “English a difficult language to learn, it’s wrong. Ashal min a-lughoh ‘arobiyyah, ashal. We dont have shorf, we don’t have to memorize wazan, we don’t have nahwu”, ujar beliau dan membuat para guru tertawa.

Beliau juga menjelaskan terkait teknik bagaimana mempelajari bahasa inggris. Hal paling utama sebagai penunjang keberhasilan adalah keinginan yang kuat dan kecintaan terhadap bahasa Inggris, dan kemudian dilanjutkan dengan praktik berkelanjutan. Di antara teknik penunjangnya adalah menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran studi Islam, kultum/ taushiyah, khutbah jumat, muhadatsah, video call  dengan sekolah asing, dsb.

Selain itu beliau juga memberikan wawasan kepada seluruh peserta bahwa bahasa Inggris adalah salah satu ilmu yang diberikan oleh Allah SWT, maka hendaknya kita menghilangkan asumsi bahwa bahasa inggris adalah bahasa kaum kafir.

Tujuan diadakan acara ini adalah memberikan motivasi kepada seluruh jajaran guru untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam pembelajaran bahasa Inggris sehingga memiliki kesadaran untuk berperan aktif dalam peningkatan dan pengembangan bahasa Inggris yang merupakan salah satu bahasa untuk mempelajari rumpun keilmuan sains dan humaniora. (Zulfa, Amir)