Pembukaan Aktivitas dan Kepramukaan

 2017-07-28 10:55


Pembukaan Aktivitas dan Kepramukaan

Pembukaan aktivitas merupakan hal yang penting di Pondok Pesantren. Ia sebagai tanda bahwa kegiatan di pesantren mulai berjalan dengan normal pasca liburan. Artinya, seluruh santri harus siap menjalankan berbagai aktivitas ekstrakurikuler dan hariannya yang dikoordinir oleh pengurus Organisasi Santri Wali Songo (OSWAS). Acara tersebut diadakan terpisah antara putra dan putri.

Di kampus putri, acara tersebut diadakan pada Kamis, 6 Juli 2017 Organisasi Santri Wali Songo (OSWAS) Putri mengadakan acara pembukaan aktivitas yang berlangsung di halaman Nusantara kampus putri. Turut hadir Ayahanda Pimpinan Pondok, Direktur Tmt-I, Ketua Majelis Pembimbing Santri (MPS) Putri, Jajaran dewan guru, dan seluruh santri kelas I-VI.

Dalam acara ini Majelis Pembimbing Santri (MPS) Putri melantik pengurus rayon, Language Improvement Section (LIS), al-Uswah, Shimphowi, Pengurus dapur, pengurus koperasi, pengurus kantin, dan Wali Songo Health Organization (WHO), serta dilanjutkan dengan serah terima amanah dari Panitia Bulan Ramadlan dan Syawwal (PBRS) ke pengurus pusat Organisasi Santri Wali Songo (OSWAS) Putri.

Acara semakin meriah dengan penampilan nasyid serta pembagian hadiah tugas liburan kreatifitas santri, tugas karya ilmiah santri kelas VI, penilaian sejawat dengan kriteria rajin ibadah, rajin mengikuti organisasi, rajin berbahasa, peduli sesama (social care), peduli kebersihan, dan peduli lingkungan.

Dalam sambutanya, Ayahanda KH. Heru Saiful Anwar, M. Ag memberikan nasehat agar para pengurus memberi contoh yang baik kepada anggota kamarnya karena sesuai dengan falsafah pondok “Apa yang kamu lihat, apa yang kamu dengar, dan apa yang kamu rasakan adalah pendidikan”.

Tidak jauh berbeda dengan kampus putri, pembukaan aktivitas di kampus putra dilaksanakan di depan Asrama Sunan Ampel pada Ahad malam (9/7) diawali dengan serah terima amanat dari PBRS ke Oswas Putra. Kemudian dilanjutkan dengan pengurus kelas V yang terdiri dari pengurus kamar, dapur, kantin, koperasi, kamar mandi, dan pertamanan.

Berbeda dengan pembukaan aktivitas yang dilaksanakan terpisah, pelaksanaan upacara pembukaan pramuka dilaksanakan bersama-sama di lapangan Pondok Pesantren pada kamis (20/7). Bertindak sebagai pemimpin upacara pada kegiatan tersebut Ustadz KH. Moh. Ihsan, M.Ag. Acara tersebut dihadiri oleh jajaran pimpinan lembaga dan dewan guru.

Pembukaan aktivitas dan kepramukaan selalu dilaksanakan untuk menunjukkan bahwa pondok tidak pernah tidur, al-Ma’hadu laa yanaamu abadan.  (Zulfa & Amir)